Sukabumi Update

Promosi Wisata Sukabumi, Dispar Siap Gelar Geopark Ciletuh Run 2023

Luki Mufti, Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kabupaten Sukabumi | Foto : I;yas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi akan menggelar acara Geopark Ciletuh Run 2023 pada bulan Desember 2023 bertempat di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kabupaten Sukabumi, Luki Mufti, mengatakan kegiatan Geopark Ciletuh Run 2023 adalah kegiatan olahraga wisata yang juga dikenal sebagai sport tourism. Acara ini dijadwalkan akan berlangsung pada hari Minggu, 17 Desember 2023 mendatang.

"Pemerintah Kabupaten Sukabumi, bekerja sama dengan media Indonesia, akan melaksanakan event sport tourism yang dinamakan Geopark Ciletuh Run 2023," ujar Luki kepada sukabumiupdate.com, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga: 450 Personel Kawal Pemilu di Sukabumi, Pj Wali Kota Bicara Dukungan Anggaran

Luki menjelaskan bahwa acara ini akan memiliki dua kategori, yaitu family dengan jarak 6 kilometer dan professional dengan jarak 17 kilometer. Tujuan dari acara ini adalah menggabungkan olahraga dengan promosi wisata khususnya di Kabupaten Sukabumi.

"Kegiatan ini juga memberikan peserta pilihan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata yang ada di Geopark Ciletuh di daerah Palangpang sebelum bertanding," jelas Luki.

Luki juga menyebutkan bahwa para peserta dapat mendaftar melalui event organizer secara offline atau secara online melalui situs web yang akan dibuka pada bulan Oktober mendatang.

"Kami berharap bahwa acara ini dapat menjadi sebuah event nasional dengan target peserta sekitar 1.000 peserta dari seluruh negeri," kata Luki.

Baca Juga: Cabut Infus Sendiri Lalu Kabur, Kronologi Pria Sukabumi Tewas Tergantung di Pohon

Untuk pendaftarannya belum dimulai, tetapi akan segera dibuka sekitar bulan Oktober 2023. Kami akan menyediakan situs web untuk pendaftaran online, dan pendaftaran offline akan tersedia di tempat-tempat yang sudah disiapkan," jelasnya.

"Kami telah mengadakan berbagai rapat persiapan melalui zoom, berharap acara ini dapat menjadi event rutin setiap tahunnya yang menjadi tujuan wisata karena keberadaan acara lari ini. Kami berharap dapat mendorong ekonomi masyarakat terutama di daerah di mana acara ini berlangsung. Kita juga menggandeng UMKM ikut berperan serta ikut di perhelatan event ini," tandasnya.

 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT