Sukabumi Update

Api Berkobar Diselimuti Asap, Kebakaran Habiskan Rumah di Cidahu Sukabumi

Tangkapan layar video kebakaran rumah di Kampung Pasir Doton RT 02/01 Desa Pasir Doton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (18/10/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran menghabiskan rumah di Kampung Pasir Doton RT 02/01 Desa Pasir Doton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (18/10/2023) sekira pukul 11.00 WIB. Rumah ini milik Mayor Hasan (almarhum), kini dihuni oleh keluarganya

Wadanton Posko III Cicurug Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Sukabumi, Saepudin, mengatakan menerima informasi kebakaran ini dari Babinsa Desa Pasir Doton Serda Wawan Setiawan. Saepudin menyebut kebakaran diduga dipicu korsleting listrik.

"Diduga dari korsleting listrik dan rumah tersebut dihuni satu keluarga dengan dua jiwa atas nama Yayah (65 tahun) dan Yadi (54 tahun)," katanya kepada sukabumiupdate.com.

Dalam video yang beredar di media sosial, api berkobar hebat ke udara diselimuti asap tebal.

Baca Juga: Rumah Petani di Ciracap Sukabumi Kebakaran, Penghuni Ungkap Dugaan Kesengajaan

Menurut Saepudin, kebakaran pertama kali diketahui oleh Babinsa Desa Pasir Doton saat patroli lalu mendengar letupan dan melihat kepulan asap. "Setelah melihat kejadian itu dia langsung menghubungi Posko III Damkar Cicurug dan kami segera menuju lokasi," ujar dia.

Saepudin menyebut penghuni saat itu sedang di rumah sakit sehingga rumah kosong. Saepudin menduga kebakaran bermula dari korsleting di lantai dua yang sudah lama tak ditempati. "Petugas dan relawan memadamkan api. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini," katanya.

Api dipadamkan dalam waktu 30 menit dan kerugian mencapai Rp 50 juta. Posko III Damkar Cicurug dan BPBD Kabupaten Sukabumi bersama Forkopimcam Cidahu, Pemerintah Desa Pasir Doton, dan Kapolsek Cidahu, dibantu warga, melakukan evakuasi dan memadamkan api.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT