Sukabumi Update

Satu Orang Luka, Dua Keluarga Ngungsi Akibat Kebakaran di Ciemas Sukabumi

Dua rumah yang habis kebakaran di Kampung Cidadap RT 01/07 Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 17 Oktober 2023. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dua keluarga di Kampung Cidadap RT 01/07 Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, masih mengungsi di rumah saudaranya akibat rumah mereka kebakaran pada Selasa, 17 Oktober 2023. Dua rumah panggung yang selama ini mereka tempati habis terbakar sekira pukul 11.00 WIB.

Kepala Desa Girimukti Akung Samsudin mengatakan dua rumah itu bukuran 5x12 meter milik Adi (50 tahun) dan dihuni empat orang, sedangkan satunya lagi milik Erik (25 tahun) dengan ukuran 5x8 meter dan dihuni tiga orang. Kedua rumah mengalami rusak berat akibat kebakaran yang diduga sumber apinya berasal dari tungku.

"Sumber api bermula dari tungku tempat memasak air sadapan aren untuk dijadikan gula," katanya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (18/10/2023).

Baca Juga: Api Berkobar Diselimuti Asap, Kebakaran Habiskan Rumah di Cidahu Sukabumi

Akung menyebut pemilik rumah bernama Adi setiap hari berjualan bensin eceran. Sebelum kejadian kebakaran, sambung Akung, Adi mengisi bensin ke dalam botol ukuran satu liter dari jeriken besar berkapasitas 40 liter. Sementara tidak terlalu jauh, terdapat tungku yang biasa digunakan memasak air nira hasil sadapan aren.

"Kemungkinan api dalam tungku belum mati secara sempurna, tertiup angin sehingga ada percikan api yang menyambar dari tungku tersebut. Terjadilah kebakaran sehingga dua rumah habis (lokasinya berdekatan)," katanya.

Tangan, kaki, dan punggung Endang (24 tahun), anak Adi, luka terkena sambaran api. "Korban sangat membutuhkan bantuan seperti pakaian, sembako, dan bahan material," ujar Akung.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT