Sukabumi Update

Menuju Kota Inklusif, 50 Petugas Pelayan Publik di Sukabumi Belajar Bahasa Isyarat

(Foto Ilustrasi) Dinas Sosial Kota Sukabumi menyelenggarakan bimbingan sosial dan teknis penggunaan bahasa isyarat bagi teman dengar pada 24 Oktober 2023 di Hotel Balcony. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Sosial Kota Sukabumi menyelenggarakan bimbingan sosial dan teknis penggunaan bahasa isyarat bagi teman dengar pada 24 Oktober 2023 di Hotel Balcony. Acara dibuka secara resmi oleh Penjabat Wali Kota Kusmana Hartadji serta diikuti oleh para petugas pelayanan publik dari berbagai dinas dan instansi.

Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi Fajar Rajasa pada kesempatan itu menerangkan kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta dan menghadirkan dua orang narasumber juru bahasa isyarat. Ia pun menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu terobosan yang dilakukan oleh Dinas Sosial dengan tujuan meningkatkan mutu pelayanan publik.

“Minimal para petugas pelayanan publik di Kota Sukabumi ini mengetahui dan memahami teknik-teknik dasar bahasa isyarat. Minimal dalam satu organisasi ada dua atau tiga orang yang bisa memahami dan bisa menyampaikan bahasa isyarat khususnya untuk kaum disabilitas," katanya.

Baca Juga: Ketahui 10 Fakta Menarik Tentang Bahasa Isyarat

Penjabat Wali Kota Sukabumi menyampaikan kegiatan ini menjadi momentum dalam pemenuhan, penghormatan, serta perlindungan terhadap hak penyandang disabilitas khususnya tuna rungu atau teman tuli. Diharapkannya kemampuan komunikasi para petugas pelayanan publik mengalami peningkatan dan Kota Sukabumi menjadi kota inklusif.

“Kita ciptakan Kota Sukabumi menjadi kota inklusif terhadap bidang sosial, kesehatan, ketenagakerjaan dan hal lainnya. Para peserta diharapkan bisa memanfaatkan kesempatan untuk mengambil ilmu bahasa isyarat," ujarnya. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT