Sukabumi Update

Resahkan Warga Cibeureum Sukabumi, Monyet Ekor Panjang Dilepasliar ke TNGGP

Proses Pelepasliaran Monyet Ekor Panjang di Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) pada Rabu (25/10/2023) malam. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Sukabumi bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) lepasliarkan seekor monyet ekor panjang di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Rabu (25/10/2023).

Diketahui, pelepasliaran itu dilakukan setelah petugas Damkar mengevakuasi satu ekor monyet yang sebelumnya meresahkan warga Kelurahan Sindangpalay, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi.

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Dinas Satpol PP Kota Sukabumi, Ujang Rustiandi mengatakan pelepasliaran tersebut dilakukannya setelah berkonsultasi dengan BKSDA.

"Iya (mulanya) ada laporan dari warga yang resah dengan kehadiran monyet di pemukiman warga. Jadi monyet yang dilepaskan sebelumnya berhasil ditangkap setelah dikasih makanan yang sudah ada obat biusnya," ujar Ujang kepada sukabumiupdate.com pada Rabu (25/10/2023).

Baca Juga: Diduga Kelaparan, Gerombolan Monyet Serbu Lahan Tani Warga di Cikole Sukabumi

Terlebih, Ujang mengatakan kondisi monyet tersebut sangat mengkhawatirkan, pasalnya dalam kondisi umum monyet ekor panjang tersebut biasanya hidup dalam koloni atau kelompok."Satu monyet yang dilepas di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Hasil tangkapan dari wilayah Kelurahan Sindangpalay," kata dia.

Masih kata Ujang, dalam proses pelepasan monyet itu, pihaknya tidak mengalami banyak kendala karena dilakukan di malam hari mengingat monyet tersebut merupakan hewan primata diurnal yang pada umumnya melakukan aktivitas pada siang hari.

"Monyet tidur pada malam hari di atas pohon, diantaranya ada yang membuat sarang dan ada pula yang tidak. Selama pelepasliaran tidak ada kendala karena diserahkan ke BKSDA," pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT