Sukabumi Update

Angkot Hangus dan Sopir Luka, Kronologi Kebakaran SPBU di Lingkar Selatan Sukabumi

Angkot yang hangus dalam kebakaran SPBU di dekat Jalan Lingkar Selatan, tepatnya Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Rabu pagi (1/11/2023). | Foto: SU/Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Satu angkot hangus dalam kebakaran Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di dekat Jalan Lingkar Selatan, tepatnya Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Rabu pagi (1/11/2023). Sopir mengalami luka sehingga dilarikan ke puskesmas terdekat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi sukabumiupdate.com di lokasi kejadian, area yang terbakar adalah tempat mesin dispenser pengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite. Api menghabiskan angkot trayek Nyalindung Kabupaten Sukabumi yang diduga terbakar saat melakukan pengisian BBM.

Kapolsek Baros Kompol Heri Hermawan mengatakan dalam keterangannya peristiwa ini terjadi sekira pukul 07.45 WIB. Heri menyebut angkot dalam keadaan kosong tanpa penumpang, namun sopir mengalami luka pada paha kanan dan sebagian paha kiri sehingga harus ditangani secara medis di Puskesmas Baros.

"Terjadi kebakaran sekira pukul 07.45 WIB. Kami datang sekira pukul 08.04 WIB. Tak lama datang juga pemadam. Korban ada satu mengalami luka ringan pada paha kanan, sebelah kiri juga ada sedikit. Saat ini korban (sopir angkot) sudah dibawa ke Puskesmas Baros," kata dia kepada awak media.

Baca Juga: Api Berkobar Hebat, SPBU di Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Kebakaran

Terkait dugaan penyebab kebakaran, Heri mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan dan menunggu informasi lebih lanjut dari tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polres Sukabumi Kota. Kerugian pun hingga saat ini masih dalam proses penghitungan pihak SPBU.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan karena kami menunggu informasi dari Inafis. Kerugian masih dalam penghitungan pihak pemilik atau orang Pertamina," ujarnya.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi Ujang Rustiandi mengatakan petugas tiba di lokasi saat api sudah menyala hebat. Diketahui, rekaman video kebakaran SPBU ini beredar dengan cepat di media sosial (medsos) dan menghebohkan warganet Sukabumi.

Baca Juga: Api Padam, Warga Rekam Ledakan Saat SPBU di Lingkar Selatan Sukabumi Terbakar

"Kita dapat laporan sekira pukul 07.45 ada kebakaran di sekitar Jalur (Jalan Lingkar Selatan) yaitu di lokasi SPBU. Kita dari kantor sekitar 10 menit sampai ke sini sekira pukul 08.00 WIB. Ternyata api sudah menyala di sekitar mesin pengisian SPBU-nya dan termasuk ada mobil yang terbakar," kata Ujang.

Dalam proses pemadaman, Ujang menerjunkan empat mobil pemadam kebakaran dan 20 personel. Dia mengaku tidak mengalami kendala. "Terkait kendala alhamdulillah karena lokasinya juga mungkin tidak terlalu ribet. Kita langsung masuk dan memadamkan. Durasi pemadaman sampai pendinginan sekitar 30 menit," katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT