Sukabumi Update

Perpustakaan Buka Akhir Pekan, Pemkot Sukabumi Tingkatkan Literasi Masyarakat

(Foto Ilustrasi) Setelah dihentikan karena pandemi Covid-19, Dispusip Kota Sukabumi kembali membuka layanan perpustakaan akhir pekan. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Setelah dihentikan karena pandemi Covid-19, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Sukabumi kembali membuka layanan perpustakaan akhir pekan. Sekretaris Dispusip Dian Sucianti pada 2 November 2023 menyebut layanan ini bertujuan memfasilitasi warga yang membutuhkan perpustakaan pada hari Sabtu.

Dian mengatakan layanan ini merupakan upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) agar semakin gemar membaca dan kunjungan ke perpustakaan meningkat. “Peningkatan IPLM adalah dengan gemar membaca dan jumlah kunjungan perpustakaan. Kita mencoba dengan cara ini mudah-mudahan ada peningkatan," ujar dia.

Sejauh ini menurutnya layanan perpustakaan akhir pekan yang dibuka dari pukul 09.00-14.00 setiap hari Sabtu menuai respons positif dari masyarakat. Ia menjelaskan selain layanan di perpustakaan umum, pada akhir pekan masyarakat pun bisa mengakses galeri literasi di kawasan Alun-alun yang buka setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 08.00-11.00 WIB.

Baca Juga: Wali Kota Sukabumi Raih Penghargaan Tokoh Literasi Digital Daerah 2023

Dian berharap dengan dibukanya kembali pelayanan perpustakaan akhir pekan dapat menciptakan masyarakat literat di Kota Sukabumi. “Jadi masyarakat sudah berliterasi dengan baik, mereka juga mengunjungi perpustakaan dengan membaca yang baik. Sehingga kita berharap itu akan menunjang kecerdasan masyarakat di Kota Sukabumi," katanya. (ADV)

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT