Sukabumi Update

Monev Pembangunan Embung Geomembrane di Ciemas Sukabumi, Ini Harapan Kadistan

Kadistan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap saat monev embung geomembrane di Desa Ciemas. (Sumber : Dok. Distan Kabupaten Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap bersama Kabid P2BP, Kepala UPTD wilayah IV Jampangkulon dan PPL BPP Ciemas hadir mendampingi Wakil Bupati Iyos Somantri pada Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Bersama Jajaran TNI tahun 2023 yang diselenggarakan secara virtual di gudang ketahanan pangan Kostrad Desa Ciemas Kecamatan Ciemas, Rabu (1/11/2023).

Pada kesempatan tersebut, Kadistan juga melakukan monev terhadap pembangunan embung geomembrane yang merupakan bantuan Ditjen PSP Kementan RI yang dibangun masyarakat bersama Kostrad yang berada di lokasi tersebut.

Baca Juga: Distan Tanam Display Padi Varietas Unggul Baru di Cisolok Sukabumi

Kadistan Sri Hastuty mengatakan, embung geomembrane merupakan waduk berukuran mikro yang dibangun untuk menampung kelebihan air di musim hujan dengan menggunakan material kedap air sebagai lapisannya dengan cara memanfaatkan tangkapan air hujan atau sungai di sekitarnya.

"Embung merupakan bangunan konservasi penyimpan air yang sangat bermanfaat untuk mendukung ketersediaan air khususnya menghadapi kekeringan yang panjang," ujar Tuty.

Tuty memastikan pembangunan embung geomembrane tersebut sudah 100 persen rampung. Sehingga ia berharap bisa maksimal dimanfaatkan untuk penyediaan cadangan air bagi petani di sekitar lokasi.

"Khususnya ke depan untuk menghadapi musim kering panjang seperti dampak El Nino belakangan ini. Saat ini kita berharap hujan segera turun dan embung dapat menampung juga air hujan," tandasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT