Sukabumi Update

Belum Catat Kasus Cacar Monyet, Dinkes Kota Sukabumi Rencanakan Vaksinasi Ini

(Foto Ilustrasi) Hingga saat ini tidak ditemukan kasus cacar monyet menyebar di Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Wita Darmawanti pada 3 November 2023 menyatakan hingga saat ini tidak ditemukan kasus cacar monyet atau monkey pox menyebar di Kota Sukabumi. Sejauh ini Dinkes belum menerima laporan dari puskesmas maupun rumah sakit mengenai temuan indikasi gejala cacar monyet.

Ditanya cara mencegah penyebaran penyakit cacar monyet, Wita menerangkan penularan penyakit ini bisa ditangkal dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta menghindari perilaku seksual berisiko. Sebab menurut data Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, 93 persen penderita cacar monyet merupakan orang yang memiliki perilaku seksual berisiko.

Baca Juga: Total 27 Kasus, Kemenkes Sebut Cacar Monyet Meluas ke Jawa Barat dan Banten

“Tentunya kembali lagi ke Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Saat pandemi banyak mengajarkan bahwa kita harus menjaga kebersihan dari mulai diri sendiri hingga lingkungan. Hal ini juga salah satu yang bisa mencegah terjadinya penularan," ujarnya.

Sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit yang pertama diketahui pada 1970 tersebut, Dinkes Kota Sukabumi telah melakukan sosialisasi melalui media sosial mereka mengenai penularan maupun pencegahan cacar monyet. Selain itu berdasarkan arahan Kementerian Kesehatan, rencananya akan dilakukan vaksinasi pada kelompok perilaku seksual berisiko.

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT