Sukabumi Update

Pantas Saja Rutin Banjir, Sampah Penuhi Sungai Ciawitali Kalibunder Sukabumi

Kondisi Sungai Ciawitali di Kampung Sukasari Desa Kalibunder Sukabumi yang dipenuhi sampah. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pantas saja Sungai Ciawitali kerap meluap dan timbulkan banjir saat sedikit saja hujan, tumpukan sampah memenuhi aliran sungai yang melintas di Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi itu.

Berdasarkan pantauan sukabumiupdate.com, tumpukan sampah rumah tangga hingga pepohonan membuat aliran air sungai tersendat dan lebar sungai menjadi sempit. Kondisi ini terjadi di aliran Sungai Ciawitali di Kampung Sukasari Desa Kalibunder, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi.

"Kondisi ini sudah empat hari, kami bersama warga sedikit demi sedikit membersihkan ranting bambu, potongan kayu, serta sampah rumah tangga," kata Soey warga setempat kepada sukabumiupdate.com, Rabu (8/11/2023).

Baca Juga: Sungai Ciawitali Meluap, Banjir Hingga 1 Meter di Kalibunder Sukabumi

Menurut Soey, tumpukan sampah didominasi bekas tebangan pohon bambu yang sengaja dibuang ke sungai. Padahal Sungai Ciawitali ini kata dia sudah rutin tiap tahun airnya meluap dan banjir.

"Ya, sudah rutin banjir, bahkan pada tahun kemarin pinggir sungainya tergerus, mengakibatkan jembatan runtuh. Apalagi ada tiang jembatan penghubung antar RT, sehingga potongan bambu, kayu terhalang tiang, sehingga air tersendat," ujarnya.

"Apalagi sekarang menghadapi musim penghujan. Diharapkan kepada warga jangan membuang sampah atau potongan bambu, dan kayu ke sungai," tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT