Sukabumi Update

Dinas PU Tangani Longsor di Irigasi Ciawitali Kalibunder Sukabumi

UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani bencana longsor yang terjadi di irigasi Ciasih pada Hekto Meter (HM) 30 sampai HM 31 (Sumber: SU/Ragil)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi melalui UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani bencana longsor yang terjadi pada Daerah Irigasi Ciasih pada Hekto Meter (HM) 30 sampai HM 31.

Aliran air irigasi bersumber dari Sungai Ciawitali yang merupakan batas Desa Balekambang dengan Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi.

"Dampak hujan deras yang terjadi pada Selasa, 14 November 2023, mengakibatkan saluran irigasi Ciasih mengalami longsor dengan panjang 15 meter dan tinggi 3,5 meter, berdampak juga pada ruas jalan Jampangkulon - Cikaso Km. 16 + 700. Dikarenakan tidak kuat menahan air yang begitu besar dan air tumpah ruah kesekitarnya," kata Kepala UPTD PU Wilayah Jampangkulon, Rudi AB kepada sukabumiupdate.com, Rabu (15/111/2023).

Baca Juga: Ditangkap Polisi, Ayah di Sukabumi Diduga Aniaya Anak Kandung dan Merekamnya

UPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani bencana longsor yang terjadi di irigasi Ciasih pada Hekto Meter (HM) 30 sampai HM 31 | Foto : Ragil GilangUPTD PU Wilayah Jampangkulon tangani bencana longsor yang terjadi di irigasi Ciasih pada Hekto Meter (HM) 30 sampai HM 31 | Foto : Ragil Gilang

Menurut Rudi, mulanya ia mendapat informasi dari Forkopimcam Kalibunder, bahwa ada kejadian longsor pada Selasa malam sekitar pukul 22. 00 WIB.

"Kami merespon cepat adanya laporan bencana longsor, dengan mengerahkan semua personil. Penanganan sementara membuka ruas jalan yang terkena dampak material longsoran, dibantu oleh masyarakat dan Forkopimcam Kalibunder. Dan melakukan kaji cepat kebutuhan penanganan untuk diusulkan. Kendaraan sudah bisa lewat, baik roda dua, maupun roda empat," imbuhnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT