Sukabumi Update

Hadapi Ancaman Global Warming, Ratusan Pohon Ditanam di Palabuhanratu Sukabumi

Penanaman pohon di Sirkuit Manangel, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (15/11/2023). | Foto: SU/Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Mengantisipasi ancaman global warming, Polres Sukabumi menanam pohon di Sirkuit Manangel di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (15/11/2023). Ini merupakan kegiatan bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Polri.

"Terkait kebijakan pemerintah menanam 10 juta pohon, kami di Polres Sukabumi ikut ambil bagian dengan menanam 2.000 pohon. Di lokasi Sirkuit Manangel kami menanam 500 pohon, sedangkan 1.500 pohon sisanya ditanam di polsek jajaran," ujar Kabag Ops Polres Sukabumi Kompol Maryono Edi Suseno kepada awak media.

Maryono mengatakan pemilihan Sirkuit Managel sebagai titik penanaman karena lokasi tersebut menbutuhkan peningkatan jumlah pohon. "Di Sirkuit Manangel kami melihat terdapat kekurangan pohon dan area yang terbuka. Tentunya terkait dengan apa yang disampaikan oleh Menteri PMK yaitu tentang global warming," ujar dia menjelaskan.

Baca Juga: Diguyur Hujan Deras, Pohon Setinggi 25 Meter Tumbang Timpa Kabel di Sukabumi

Adapun jenis pohon yang ditanam, kata Maryono, yakni pohon jeungjing, pohon buah seperti durian, alpukat, dan jenis pohon keras lainnya.

Pengelola Sirkuit Manangel, Heri Agus Gunawan, mengatakan pihaknya mendukung program penanaman pohon ini. Ia berharap tanaman tersebut akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. "Kami berharap tanaman yang ditanam dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan ikut memajukan sirkuit ini ke depannya," ucap Heri.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT