Sukabumi Update

Jalan Alternatif 3 Kecamatan Terancam, Dampak Longsor di Cibadak Sukabumi

Longsor yang mengancam jalan di Kampung Bungbulang RT 01/05 Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang mengguyur Kampung Bungbulang RT 01/05 Desa Ciheulangtonggoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis, 16 November 2023 sekira pukul 19.00 WIB, mengakibatkan longsor di wilayah tersebut.

Humas BPBD Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria menjelaskan derasnya hujan menyebabkan terjadinya longsor pada Tembok Penahan Tanah (TPT) jalan kabupaten. Adapun panjang longsor mencapai kurang lebih 10 meter dengan ketinggian sekitar 5 meter.

"Material longsoran sebagian menutupi saluran irigasi di bawahnya," ujar Sandra kepada sukabumiupdate.com pada Jumat (17/11/2023).

Sandra menyebut jalan yang terancam longsor merupakan jalur alternatif yang menghubungkan tiga kecamatan yaitu Kecamatan Cibadak, Caringin, dan Cicantayan. Meski dalam kejadian ini tak ada korban jiwa atau luka, namun kerugian masih dalam kajian tim.

Baca Juga: Dinas PU Tangani Longsor di Irigasi Ciawitali Kalibunder Sukabumi

"Kami telah melakukan asesmen kejadian, berkoordinasi dengan pihak terkait, dan mengimbau masyarakat untuk tetap waspada mengingat memasuki musim hujan. Unsur yang terlibat dalam penanganan ini Forkopimcam, aparat Desa Ciheulangtonggoh, Bhabinkhamtibmas, Babinsa, Satpol PP, dan P2BK," jelas Sandra.

Saat ini, kata Sandra, kebutuhan mendesak adalah kawat bronjong. Aparat desa telah melakukan pembatasan jalan untuk memperingatkan pengemudi agar lebih berhati-hati saat melintasi area longsor tersebut.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT