Sukabumi Update

1.000 Penari Tampil di Ciletuh Sabilulungan 7 Ciemas Sukabumi

1000 Penari Tampil Dalam Ciletuh Sabilulungan 7 Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Berbagai pentas kesenian warnai pagelaran Seni dan Budaya Ciletuh Sabilulungan ke-7 tahun 2023, bertempat d Lapangan Sepakbola Tamanjaya, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Dari pantauan sukabumiupdate.com, penampilan berbagai kreasi seni tari, baik perpaduan seni tradisional dengan modern, debus, pencak silat, jaipongan, puisi, bola api, lisung ngamuk, kuda lumping, dan pagelaran wayang golek.

Hadir dalam kegiatan, diantaranya perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana serta Forkopimcam Ciemas.

Kepala Bidang Pemasaran Dispar Kabupaten Sukabumi, Luki Mufti mengatakan, kami dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh dengan terselenggaranya kegiatan pentas seni dan budaya dalam ajang Ciletuh Sabilulungan ke-7.

Baca Juga: DPRD Apresiasi Mancing Bareng Sedulur Dinas PU Sukabumi: Ajang Sosialisasi Kinerja

"Terimakasih kepada panitia, pelaku seni, PAPSI, dan tentunya masyarakat di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, yang tetap eksis menyelanggarakan pagelaran seni dan budaya dalam upaya melestarikan seni dan budaya," ucapnya kepada Sukabumiupdate.com, Sabtu (18/11/2023).

Luki mengatakan upaya untuk melestarikan seni dan budaya, harus terus dilakukan salah satunya dengan mengadakan event seni dan budaya, seperti Ciletuh Sabilulungan yang sudah masuk pelaksanaan ke-7.

"Alhamdulilah, yang tampil dalam seni budaya, dari anak anak sekolah, mulai dari SD, SMP, SLTA hingga mahasiswa. Ini bagian dari regenerasi," jelasnya.

"Hal ini juga, menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan, tidak hanya melihat keindahan Geopark Ciletuh - Palabuhanratu, namun bisa menikmati kesenian dan budaya yang ada di Kabupaten Sukabumi. Kami hadir tentinya bagian dari dukungan moril dan material," jelasnya.

Ketua Pantia, Endang Sutisna dari Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi menuturkan ada sekitar 1.000 pelaku seni yang terlibat dalam Ciletuh Sabilulungan ke-7, mereka para penari, gamelan, dan sesepuh seni.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Gedung Pertemuan di Sukabumi

"Ada peningkatan partisipasi para pelaku seni, yang tampil dalam Ciletuh Sabilulungan ke-7 ini. Mereka seniman seniman muda dari Jampangkulon, Ciemas, Waluran, Surade, Ciracap, Cikidang, Simpenan, Bandung, dan Palabuhanratu," ungkapnya.

Endang berharap kegiatan tersebut bisa menjadi motivasi dan semangat bagi generasi muda dalam melestarikan seni. "Kegiatan ini dua hari, Sabtu dan Minggu, ditutup dengan wayang golek, dan ada penanaman pohon sebanyak 7.000 pohon," ungkapnya.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana menyebut event tersebut sangat luar biasa, dimana ia melihat yang tampil merupakan anak anak sekolah mulai dari usia SD, SLTP, SLTA yang ada di Pajampangan. "Mengapresiasi dalam upaya pelestarian seni dan budaya, sebagai warisan leluhur," jelasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT