Sukabumi Update

Bentuk Agen Perubahan, 88 Pelajar di Kota Sukabumi Ikut Student Camp

Pelajar yang mengikuti Sukabumi Student Camp. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 88 pelajar dari berbagai SMP negeri dan swasta mengikuti Sukabumi Student Camp yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi. Kegiatan selama dua hari mulai 20 hingga 21 November 2023 di Salabintana Resort ini dibuka Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji.

Kusmana dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan program pendidikan holistik untuk membentuk karakter pelajar yang mampu menjadi agen perubahan di lingkungan sekolahnya. Ia berharap para peserta dapat memanfaatkan kegiatan yang sejalan dengan Kurikulum Merdeka ini sebagai kesempatan memahami dan menggali potensi diri.

“Bagaimana membuat daya tahan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan dan menjadi agen perubahan ke arah yang lebih baik. Memahami kondisi agar mereka memahami lingkungan sehingga bisa memberikan manfaat. Inilah model pendidikan gaya baru yang juga sekarang dikembangkan melalui Kurikulum Merdeka," ujarnya.

Baca Juga: Gelar Prestasi SMPN 14, Disdikbud Bicara Kreativitas Pelajar Kota Sukabumi

Kepala Disdikbud Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat menjelaskan salah satu narasumber yang dihadirkan dalam Sukabumi Student Camp adalah psikolog yang membawakan materi mengenai pengenalan potensi diri. “Beberapa narasumber salah satunya dari psikolog memberikan materi mengenai motivasi diri, mengetahui kekuatan dan kelemahan diri, sehingga mereka bisa mengeksplor berbagai potensi maupun permasalahan yang dihadapi oleh para pelajar,” katanya.

Punjul menerangkan para peserta pun diberikan materi mengenai pencegahan bullying, sejalan dengan harapan agar mereka menjadi agen perubahan di lingkungan sekolah.

“Supaya mereka itu tidak ikut terbawa arus negatif seperti bullying dan tawuran. Mereka mudah-mudahan menjadi agen perubahan di lingkungannya, bisa mengajak teman-teman mereka ke arah positif," ujar dia. (ADV)

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT