Sukabumi Update

Mieling 265 Tahun Surade Sukabumi Dimeriahkan Karnaval Budaya, Catat Tanggalnya

Mieling Ngadeg Surade Nyanggaken Deudeuh Teu Nanggeuy. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Surade, adalah bagian wilayah atau nama kecamatan di Selatan Sukabumi. Berdirinya Surade, tentu memiliki sejarah panjang bagi warga Surade, Kabupaten Sukabumi.

Untuk mengingat perjalanan dan sejarah Surade yang segera menginjak usia ke 265 tahun, warga akan mengadakan acara Mieling Ngadeg Surade Nyanggaken Deudeuh Teu Nanggeuy.

"Dalam catatan sejarah, berdirinya Surade, tidak lepas dari Eyang Santri Dalem yang memiliki nama asli Raden Suranangga dan merupakan putra dari Raden Arya Adipati Jagabaya," kata panitia pelaksana Mieling Surade 265 tahun, Kang Baban kepada Sukabumiupdate.com, Selasa (21/11/2023).

Kang Baban mengatakan, berdasarkan surat yang ditulis Raden Suranangga untuk ayahnya Raden Jayabaya yang dititipkan kepada Raden Jarauman dan Raden Sokawidana, sebagaimana yang tercantum dalam buku Hideung simpanan Ki Saja di Kampung Cileutik Gunungsungging, peristiwa berdirinya Surade terjadi pada hari Selasa 5 Desember 1758 M.

"Makanya kegiatan mieling (mengingat) akan dilaksanakan mulai tanggal 3-5 Desember, menginjak usia pada 265 tahun" ungkapnya.

Baca Juga: Menelisik Riwayat Eyang Santri Dalem dalam Pusaran Sejarah Surade Sukabumi

Menurut Kang Baban, pada tanggal 3 Desember 2023 akan digelar kreasi seni budaya pelajar se Kecamatan Surade.

Lalu pada Tanggal 5 Desember 2023 atau saat momen 265 tahun, akan digelar pentas kreasi seni budaya seluruh desa di Kecamatan Surade dan karnaval budaya dari terminal baru Surade sampai lapang Lodaya Setra Kelurahan Surade.

"Kegiatan ini sebagai bentuk edukasi kepada warga dan pelajar, terkait sejarah Surade, agar mereka tetap mengingat sejarah berdirinya Surade," imbuhnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT