Sukabumi Update

Gempabumi Tektonik M3,5 Guncang Sukabumi, BMKG: Aktivitas Sesar Cimandiri

Gempabumi Tektonik M3,5 Guncang Sukabumi, BMKG: Aktivitas Sesar Cimandiri | Foto : BMKG
SUKABUMIUPDATE.com - Hari ini, Sabtu, 25 November 2023 pukul 06:36:59 WIB, wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,5. 
 
Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengatakan Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.03 LS dan 106.65 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km Tenggara Kabupaten Sukabumi pada kedalaman 12 km.
 
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri," ungkap Hartanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/11/2023).

Baca Juga: Anggota DPRD Agus Mulyadi Buka Lomba MTQ dan MSQ PAC PP Ciracap Sukabumi

Adapun dampak gempabumi, jelas Hartanto, yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Sukabumi dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). 
 
"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," imbuhnya.
 
Ia pun menyebut, dari monitoring pihak BMKG, hingga pukul 06:55 WIB tadi pagi, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Hartanto berharap masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
 
"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tadasnya. 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT