Sukabumi Update

Perangkat Desa Bangbayang Sukabumi Kompak Mengundurkan Diri, Ada Apa?

Kantor Kecamatan Tegalbulued Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Perangkat Desa Bangbayang Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi kompak mengundurkan diri. Hal tersebut memicu kehebohan dan menjadi pertanyaan warga. Pasalnya, Desa Bangbayang sendiri merupakan salah satu desa yang memiliki kepala desa baru hasil Pilkades serentak tahun 2023.

Saat dikonfirmasi, Camat Tegalbuleud, Supendi membenarkan adanya perangkat Desa Bangbayang yang mengundurkan diri. "Betul, mereka mengundurkan diri pada akhir masa jabatan Kades lama (pak Asep Pedro)," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (27/11/2023).

Supendi menjelaskan, ada 8 orang yang mengundurkan diri secara resmi, dan 2 orang lagi belum mengajukan. Pengunduran diri terjadi sebelum pelantikan Kades baru. Namun bisa diyakinkan bahwa Kades baru tidak sama sekali memberhentikan perangkat desa.

Baca Juga: Satu Tewas, Sembilan Orang Jadi Korban Ledakan Gas di Cibadak Sukabumi

"Bahkan saat pak Kades baru, masuk kerja hari pertama, perangkat desa sudah tidak ada. Kami tidak tahu alasan jelasnya mereka mengundurkan diri," kata Supendi.

Sedangkan terkait pelayanan, kata Supendi, tidak ada kendala akibat pengunduran diri tersebut.

"Alhmdulillah tidak terkendala, pembina desa, perangkat kecamatan sudah diantisipasi pelayanan tetap jalan dan komunikasi kontinyu dengan DPMD," tuturnya.

Sementara itu, Kasi Binwas Tegalbuleud, Leni Nurliah mengatakan bahwa pihaknya sudah coba memediasi beberapa kali, agar mereka perangkat desa tidak mengundurkan diri, apalagi secara bersamaan.

"Mereka, pada tanggal 10 Nopember 2023 lalu, menghadap kepada pak camat dan pak Sekmat, mengutarakan niatnya untuk mundur. Pak camat dan pak Sekmat berusaha untuk menahan, namun mungkin sudah menjadi keputusan mereka," jelasnya.

Baca Juga: Jadwal Kampanye Pemilu 2024 Dimula 28 Nopember, Berikutnya Rinciannya

Menurut Leni, mereka secara resmi mengundurkan diri terdiri dari 6 perangkat desa, dan 4 kepala dusun. "Kalau tidak salah, suratnya per tanggal 10 November 2023, sebelum pelantikan Kades baru," terangnya.

"Bahkan (kini) sudah melakukan perekrutan untuk perangkat desa baru, sudah dimulai pada tanggal 20 Nopember 2023," imbuhnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT