Sukabumi Update

Baliho Ganjar-Mahfud di Sukabumi Jadi Sasaran Vandalisme, Pelaku Diburu

Baliho Ganjar-Mahfud di depan kantor sekretariat PAC Cibitung Sukabumi yang dicoret-coret pelaku Vandalisme. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Gerakan Indonesia Raya atau Gerindra Kecamatan Cibitung Kabupaten Sukabumi ikut bantu memburu pelaku aksi Vandalisme baliho berfoto pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang dipasang di depan kantor sekretariat PAC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) setempat.

Hal itu disampaikan Ketua PAC Gerindra Kecamatan Cibitung Nasrudin. Ia juga mengaku sudah mendatangi ke lokasi tempat aksi corat coret tersebut sekaligus bertemu dengan Ketua PAC PDIP Cibitung.

"Kemarin, kami ditelepon sama Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Cibitung dan langsung merapat ke kantor sekretariat. Setelah saya teliti dan telaah ternyata di baliho Capres-Cawapres dicoret coret dan dinding kantor ada tulisan Prabowo-Gibran. Mungkin karena ada nama Prabowo-Gibran itu, sehingga kami dikasih kabar sama ketua PAC PDI Perjuangan," kata Nasrudin kepada sukabumiupdate.com, Minggu (3/12/2023).

Baca Juga: Vandalisme di Kantor PDIP Cibitung Sukabumi, Baliho Ganjar-Mahfud Dicoret-coret

Nasrudin menegaskan pihaknya tidak pernah menyuruh dan mengintruksikan siapapun untuk melakukan aksi vandalisme tersebut. Karena merasa ikut geram, ia mengaku siap membantu untuk menelusuri siapa pelaku dalam aksi tersebut.

"Sebagai pengurus Partai Gerindra, kami tentunya tidak pernah menyuruh, mengintruksikan, untuk melakukan coret coret di baliho. Banyak dugaan atau asumsi yang melakukan itu, makanya kamipun berkordinasi dan komunikasi dengan ketua PAC untuk sama sama menelusuri siapa pelakunya," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Cibitung, Ridwan mengatakan pihaknya sudah menerima adanya laporan lisan perihal aksi vandalisme terhadap baliho pasangan Ganjar Mahfud di Kantor Sekretariat PAC PDIP tersebut. Pihaknya kemudian menindaklanjuti dengan pengecekan ke lokasi.

"Untuk sementara laporan secara lisan lewat telpon sudah ada ke Panwas. Termasuk ke pihak kepolisian juga, sudah ada tembusan. Bahkan hari tadi, ada pengecekan ke lokasi, namun untuk terduga pelaku belum ada," ujarnya.

"Setelah ada laporan lisan kemarin, kami Panwaslu Cibitung juga langsung laporan ke Bawaslu Kabupaten Sukabumi," tandasnya.

Panwaslu Cibitung saat cek lokasi aksi vandalisme terhadap baliho Ganjar-Mahfud di Kantor Sekretariat PAC PDIP Cibitung.Panwaslu Cibitung saat cek lokasi aksi vandalisme terhadap baliho Ganjar-Mahfud di Kantor Sekretariat PAC PDIP Cibitung.

Sebelumnya diberitakan, Aksi corat-coret atau vandalisme terjadi di Kantor Sekretariat Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kecamatan Cibitung Kabupaten Sukabumi.

Yang paling menohok dalam vandalisme di lingkungan kantor parpol tersebut, baliho berfoto pasangan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono, dicoret dengan cat berwarna biru langit di bagian wajah.

"Baliho di depan kantor dengan Foto Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD disampingnya ada foto Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono wajahnya ditutup sama cat, dicurat coret," kata Ketua PAC PDIP Cibitung, Abidin kepada sukabumiupdate.com, Minggu (3/12/2023).

Baca Juga: 5 Orang Luka-luka, Kronologi Sementara Tabrakan Beruntun di Sukabumi

Abidin pun mengaku semakin geram dengan aksi ini, karena pelaku juga menggambar bentuk kelamin di baliho tersebut. Tak hanya itu, sejumlah tembok bangunan kantor sekretariat pun jadi sasaran aksi vandalisme yang serupa, bahkan ditambah dengan coretan nama pasangan capres-cawapres yang lain.

"Kami sudah mengundang PAC Gerindra untuk koordinasi masalah ini. Dia juga marah dan merasa tidak enak dan akan melaporkan," jelasnya.

Menurut Abidin, aksi vandalisme ini diperkirakan terjadi pada Jumat malam 1 Desember 2023 sekitar pukul 21.00 WIB. Berdasarkan info yang ia dapat, diduga pelaku aksi ini berjumlah 3 orang laki-laki yang tak dikenal. Pada malam itu, ketiganya sempat dilihat warga nongkrong di depan Sekretariat PAC PDIP Cibitung.

Terkait adanya kejadian ini, Abidin mengaku terus melakukan koordinasi dengan semua pihak dari mulai Panwaslu Desa juga Kecamatan.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT