Sukabumi Update

Monev Pembangunan Pamsimas HAMP di Bantargadung, Ini Kata Wabup Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat monev pembangunan Pamsimas HAMP di Bantargadung. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) kegiatan pembangunan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Hibah Air Minum Pedesaan (HAMP) Tahun Anggaran 2023, di Kampung Salabuana RT 02 RW 02, Desa Buanajaya, Kecamatan Bantargadung, Jumat (8/12/23). 

Pamsimas merupakan salah satu program andalan Pemerintah Pusat dan Daerah untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Baca Juga: DPRD dan Pemkab Sukabumi Sepakati 11 Raperda Jadi Propemperda 2024

Iyos mengatakan, monitoring program Pamsimas untuk memastikan perkembangan pembangunan sanitasi air bersih yang diprogramkan pemerintah daerah. Terdapat 100 unit Sambungan Rumah (SR) Pamsimas di Desa Buanajaya tersebut.

"Kita ingin melihat seberapa besar pengaruh program Pamsimas ini" jelasnya.

Wabup Iyos menyebutkan, pembangunan sanitasi air bersih di lokasi tersebut sangat berdampak positif bagi kehidupan masyarakat, terutama bagi kesehatan. Apalagi di Desa Buanajaya terdapat belasan anak terkena stunting, oleh sebab itu dengan adanya sanitasi air bersih risiko penyebab terjadinya stunting bisa diminimalisir.

"Ini adalah salah satu bentuk upaya pemerintah memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Yang paling penting hari ini air yang mengalir bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ungkapnya.

Wabup berpesan, masyarakat bisa bersama-sama memelihara dan mengelola infrastuktur yang telah dibangun itu dengan sebaik-baiknya guna mencegah terjadinya stunting stunting dan infeksi berulang.

Kegiatan diakhiri dengan Monev Pembangunan Saluran Air Pasok Masuk dan Buang di Balai Benih Ikan Desa Tonjong Palabuhanratu.

Menurut Wabup pembangunan di dua lokasi tersebut sudah selesai dan sesuai dengan target yang telah direncanakan.

"Alhamdulilah semuanya sudah beres sudah tuntas dan ada sedikit yang harus kita perbaiki terutama di kolam ikan tadi ada beberapa yang bocek atau plesternya terkelupas yang harus disempurnakan di masa pemeliharaan itu aja yang ditemukan hari ini tidak ada kekurangan yang signifikan," kata dia.

Oleh karenanya, Wabup berharap Pembangunan Peningkatan Sambungan Rumah Pamsimas di Desa Buana Jaya dan Pembangunan Saluran Air Pasok Masuk dan Buang BBI Tonjong bisa bermantaat bagi peningkaatan kesejahteraan masyarakat

"Mudah-mudahan pembangunan ini bisa bermanfaat bagi kepentingan masyarakat Kabupaten Sukabumi khususnya dalam konteks pengembangan sidat di BBI Tonjong dan ketersediaan air bersih bagi masyarakat di desa buana jaya," tandasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT