Sukabumi Update

Dihadiri Disdikbud, SDN Ciseureuh Sukabumi Pamerkan Kreasi Daur Ulang Sampah

SDN Ciseureuh menggelar panen karya pada 13 Desember 2023, dihadiri Sekretaris Disdikbud Kota Sukabumi Roni Abdurahman. | Foto: Website Pemkot Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - SDN Ciseureuh menggelar panen karya menampilkan kreasi daur ulang sampah yang dihasilkan peserta didik. Acara pada 13 Desember 2023 ini dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi Roni Abdurahman.

Karya para peserta didik kelas satu dan empat adalah ecobrick yang dibuat kelas 1-A dengan cara mengisi 26 enam botol plastik bekas air minum kemasan dengan kertas agar padat, kemudian dibentuk menjadi kursi. Kreasi lainnya adalah penyimpanan baju yang dibuat dari botol galon bekas hasil karya siswa dan siswi kelas 1-B.

Sementara karya lainnya adalah berbagai aksesori seperti pigura dan hiasan meja dengan bahan sedotan plastik yang dibuat oleh peserta didik kelas empat.

Kepala SDN Ciseureuh Ucu Siti Nurjanah mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari penerapan kurikulum merdeka dan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 yang dimasukkan dalam mata pelajaran intrakurikuler dan dilaksanakan setiap hari Sabtu.

Baca Juga: Lewat Disdikbud, Kepsek di Kota Sukabumi Diberikan Wawasan Bahaya Korupsi

“Pelaksanaan P5 kita masukkan ke intrakurikuler, dimasukkan ke mata pelajaran yang dilaksanakan setiap Sabtu. Tema P5 yang diusung adalah gaya hidup berkelanjutan dengan judulnya Sakali atau Sampahku Karyaku Asri Lingkunganku. Yang diunggulkan adalah anak-anak bisa memilah sampah dan dimanfaatkan menjadi barang yang berguna," katanya.

Selain memamerkan karya peserta didik kelas 1 dan 4, panen karya juga menampilkan karya kelas lainnya seperti buku literasi yang dibuat kelas 6. “Seperti kelas 6 membuat buku literasi hasil pelatihan dengan BBGP Jawa Barat," ujar Ucu.

Dalam mengembangkan potensi peserta didik, SDN Ciseureuh merencanakan untuk melaksanakan program lainnya seperti pojok baca digital. (ADV)

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT