Sukabumi Update

Temui Pengungsi Korban Gempa M4.6 di Kabandungan Sukabumi, Wabup Bicara Relokasi

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat berkunjung dan memberikan bantuan kepada korban terdampak gemabumi M4,6 di Kecamatan Kabandungan | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, melakukan kunjungan ke tenda evakuasi, tepatnya di Kampung Cisalimar, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, yang dihuni oleh korban terdampak gempa M4.6 Sukabumi, Kamis (14/12/2023), sekitar pukul 06.35 WIB pagi.

Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa tenda evakuasi tersebut menampung 13 kepala keluarga dengan 53 jiwa. Mereka memilih untuk tinggal di tenda evakuasi karena merasa khawatir terhadap potensi gempa susulan yang dapat terjadi kapan saja.

Wakil Bupati menyerahkan bantuan dari Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Sukabumi serta melakukan evaluasi situasi di tenda pengungsi untuk persiapan relokasi.

Iyos menyampaikan bahwa prioritas saat ini adalah mengkaji kemungkinan relokasi, dan jika diperlukan, prosesnya akan dipercepat karena kedaruratan.

Baca Juga: KPK Tegas Tidak Memberi Bantuan Hukum ke Firli Bahuri di Kasus Pemerasan SYL

"Kita akan berkoordinasi dengan BMKG untuk memantau perkembangan di lapangan, mengingat gempa ini terus menerus. Dalam satu hari, mungkin ada beberapa kali gempa," ujarnya.

Wakil Bupati juga mengusulkan pembangunan tenda evakuasi oleh BNPB dan memastikan aspek kesehatan menjadi perhatian utama.

"Melalui kerjasama dengan teman-teman kita dan Kepala Desa, kita akan mencari solusi relokasi, bahkan jika perlu geser ke rumah saudara, tetangga, atau hunian sementara," katanya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi telah memberikan bantuan melalui BPBD dan Dinas Sosial, yang nantinya akan dikelola oleh Kepala Desa untuk disalurkan kepada masing-masing yang terdampak.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT