Sukabumi Update

Cegah Bencana, TNI Tanam Ratusan Pohon di Palabuhanratu Sukabumi

Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi menanam ratusan batang pohon di Kampung Simpenan RT 02/02, Desa Pasirsuren, Kecamatan Palabuhanratu Kamis (14/12/2023). (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Di momen peringatan Hari Juang Kartika ke-78 TNI Angkatan Darat 2023, Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi menanam ratusan batang pohon di Kampung Simpenan RT 02/02, Desa Pasirsuren, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/12/2023).

Kegiatan ini juga dihadiri Persatuan Istri Prajurit (Persit) Cabang XLV/Dim 0622/Kabupaten Sukabumi, Yonarmed 13/Nanggala Kostrad, Polres Sukabumi, Dinas Kehutanan Provinsi Jabar, Kejaksaan Negeri Cibadak, Dinas Lingkungan Hidup, masyarakat relawan, dan organisasi Pepabri.

Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf. Anjar Ari Wibowo mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah konkret dalam mengantisipasi bencana alam tanah longsor.

“Hari ini kita tanam 470 batang pohon dari jenis pohon kayu keras dan buah. Di antaranya 100 pohon sirsak, 100 pohon sengon, 100 pohon pabon, 50 pohon kayu Afrika, 50 pohon kayu kaliandra, dan 70 pohon kayu putih hutan,” ujar Anjar.

Baca Juga: TNI-Polri Bersih-bersih Sungai di Palabuhanratu Sukabumi, Terkumpul 2 Truk

Anjar menjelaskan, selain melakukan kegiatan penanaman pohon, pihaknya bersama Polres Sukabumi hingga unsur masyarakat juga bersama-sama melakukan aksi bersih bersih sampah di area pasar dan sungai di wilayah Palabuhanratu. Hal ini untuk mencegah bencana banjir.

"Kita juga melakukan aksi bersih bersih sampah di area pasar dan sungai sekitar Pasar Semi Modern Palabuhanratu, dimana kegiatan itu melibatkan semua unsur baik dari kalangan TNI, Polri, perangkat daerah Sukabumi, pelajar, relawan, Persatuan Warga Pasar dan masyarakat," terang Anjar.

“Semoga apa yang kita lakukan ini membawa manfaat untuk seluruh lapisan masyarakat. Terutama dapat mencegah musibah dan bencana, khususnya banjir dan longsor,” pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT