Sukabumi Update

Kawanan Monyet Berkeliaran Bikin Resah Warga Cibadak Sukabumi

Monyet ekor panjang berkeliaran di pemukiman warga Kampung Anggayuda RT 02/11, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kawanan monyet ekor panjang berkeliaran di pemukiman warga Kampung Anggayuda RT 02/11, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Monyet-monyet itu berkeliaran di atap dan halaman rumah warga.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cibadak, Daming mengatakan, kawanan monyet liar tersebut meski tak masuk ke rumah warga, namun menimbulkan keresahan.

"Warga khawatir mereka bisa mengganggu dan membahayakan anak-anak yang sering bermain di sekitar pemukiman," kata Daming kepada sukabumiupdate.com, Rabu (20/12/2023).

Baca Juga: Resahkan Warga Cibeureum Sukabumi, Monyet Ekor Panjang Dilepasliar ke TNGGP

Meski begitu, Daming menyebut sejauh ini berdasarkan hasil pantauannya di lokasi, belum ada laporan warga yang diserang oleh kawanan monyet tersebut.

“Berdasarkan laporan warga, kawanan monyet berasal dari kebun di sebelah kampung, yang berdampingan dengan perkebunan durian dan masih banyak pohon besar di sekitarnya,” jelasnya.

Daming menduga kawanan monyet tersebut datang ke permukiman warga untuk mencari makanan.

“Sebagai langkah upaya pencegahan, kami dari P2BK, Satpol PP, dan pemerintah desa menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan provokasi atau mengganggu monyet,” ujarnya.

“Hingga saat ini, kawanan monyet liar tersebut hanya lewat sepintas lalu kembali ke habitatnya," pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT