Sukabumi Update

Pintu Keluar Tol Bocimi di Parungkuda Macet, Kendaraan Padat Menuju Sukabumi

Kemacetan kendaraan di pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu (24/12/2023). | Foto: SU/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Kemacetan terjadi di pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu (24/12/2023). Kendaraan terpantau memenuhi exit toll dari arah Bogor/Jakarta menuju Sukabumi sekira pukul 14.30 WIB. Ini adalah hari kedua libur panjang Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi Budianto mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Polres Sukabumi dan Polres Sukabumi Kota untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan. Meski terlihat padat, Budi menyebut situasi saat ini masih dapat terkendali dan mengatakan tak ada lalu lintas yang stuck cukup panjang.

"Alhamdulillah sampai saat ini masih bisa terkendali. Tidak ada stuck yang begitu panjang. Kalau ada stuck yang panjang di exit toll Parungkuda, kami akan segera buka dari exit toll Cigombong. Itu situasional." kata dia kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Libur Natal: Tol Bocimi ke Parungkuda Macet, Kendaraan Diarahkan Keluar Cigombong

Upaya lain yang dilakukan Dinas Perhubungan dan TNI/Polri adalah menempatkan petugas di titik kemacetan. "Terutama nanti tahun baru, anggota kami akan ada di titik-titik wisata karena destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi cukup banyak. InsyaAllah petugas 157 orang, kami tempatkan mereka di sana untuk mengatur lalu lintas dan parkir," ujarnya.

Ditanya soal rekayasa lalu lintas, Budianto menyebut akan berkolaborasi dengan kepolisian supaya satu keputusan. Menurutnya, puncak arus mudik Natal diprediksi akan terjadi pada 25-26 Desember 2023. "Cukup banyak (kendaraan), tap tidak sedemikian rinci. Intinya lebih dari hari-hari biasa, hingga mencapai 75 persen kenaikan," katanya.

Masih dalam pantauan, arus lalu lintas dari Cibadak, Kabupaten Sukabumi, menuju pintu Tol Bocimi Seksi 2 di Parungkuda cukup lancar.

 

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT