Sukabumi Update

Urai Macet Arus Libur Tahun Baru, Polres Sukabumi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kendaraan di pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2 di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu (24/12/2023). | Foto: SU/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Arus lalu lintas di jalan raya Sukabumi-Bogor utamanya di sekitar Keluar Tol Parungkuda Kabupaten Sukabumi mulai mengalami peningkatan arus wisatawan yang mengarah ke Kota Sukabumi maupun Palabuhanratu pada Sabtu 30 Desember 2023.

Untuk mengantisipasi kemacetan panjang saat puncak libur Tahun Baru 2024 atau pada hari ini, Minggu (31/12/2023), Polres Sukabumi siapkan skema rekayasa lalu lintas secara situasional.

"Jadi apabila pintu tol Cigombong dan Parungkuda terjadi kemacetan khususnya ke arah Cibadak, pengguna jalan yang akan keluar dari Parungkuda, sementara akan kita koordinasikan dengan pihak Jasamarga, itu dialihkan sementara keluar dari pintu tol Cigombong sampai dengan antrian di dalam pintu tol," kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly, (29/12/2023).

Sebelum mendekati pasar Cibadak bila terjadi kemacetan, sambung Maruly, pihaknya akan alihkan arus kendaraan ke simpang Nagrak, dan keluar di simpang Karangtengah, Cibadak.

Baca Juga: Arus Libur Tahun Baru, Cerita Pengendara Terjebak Macet di Parungkuda Sukabumi

Selanjutnya, para pengemudi atau wisatawan yang akan ke jalur Palabuhanratu kemudian diarahkan masuk melalui Warungkiara.

"Kemudian silahkan wisatawan bisa menikmati pantai-pantai sepanjang dari mulai Palabuhanratu, Cikakak sampai Cisolok," ujarnya.

Maruly menuturkan untuk puncak arus balik libur tahun baru diprediksi terjadi pada tanggal 1 Januari 2024. Bila terjadi kemacetan, maka akan diberlakukan satu arah melalui jalur Gunung Butak akan keluar dari Cikidang.

"Harapannya warga masyarakat bisa mematuhi rekayasa lalu lintas yang situasional apabila sudah terjadi kepadatan lalu lintas," katanya.

"Kami sudah memasangkan CCTV di 18 titik di sekiranya jalur yang rawan kemacetan dan itu bisa diakses semua masyarakat, wisatawan yang akan memasuki ke Palabuhanratu bisa memantau terlebih dahulu secara online," pungkasnya menambahkan.

Intensitas Lalu Lintas di Exit Tol Bocimi Selama Sepekan

Berdasarkan data yang dirilis oleh Traffic Management Centre (TMC) Polres Sukabumi mengungkapkan intensitas lalu lintas di gerbang tol Cigombong dan Parungkuda selama periode 22-28 Desember 2023.

Selama kurang lebih sepekan data kendaraan yang masuk ke gerbang tol Cigombong dan Parungkuda sebanyak 83.355 dan yang keluar melalui gerbang tol 86.572

Dengan catatan, pada 22 Desember 2023 di hari pertama, data yang dilaporkan hanya sampai sekira pukul 14.00 WIB.

Pantauan sukabumiupdate.com, aktivitas lalu lintas selama libur Natal, dengan puncak lonjakan terjadi pada Sabtu, 23 Desember 2023, dengan banyaknya kendaraan yang keluar dari gerbang tol menuju ke Kota Sukabumi maupun Pelabuhan Ratu.

Sementara puncak arus balik wisata terjadi pada hari Selasa, 26 Desember 2023 dengan 15.491 kendaraan yang meninggalkan Sukabumi, dengan memasuki tol Cigombong dan Parungkuda.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT