Sukabumi Update

6 Rumah Terdampak Banjir Limpahan Air dari Gudang Perusahaan di Cicurug Sukabumi

Banjir di rumah warga yang berdekatan dengan gudang perusahaan di Kampung Kaum Babakan RT 03/01 Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Minggu sore, 31 Desember 2023. | Foto: P2BK Cicurug

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah rumah warga di Kampung Kaum Babakan RT 03/01 Kelurahan Cicurug, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, terdampak banjir yang diduga limpahan dari gudang salah satu perusahaan makanan pada Minggu sore, 31 Desember 2023.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cicurug M Abdul Rizki mengatakan banjir dipicu hujan deras di wilayah itu pada Minggu sekira pukul 14.00 WIB. Menurut Rizki, bagian belakang gudang perusahaan tak memiliki drainase sehingga air meluap ke permukiman.

"Hujan deras dan tidak adanya drainase di belakang gudang mengakibatkan air meluap sehingga enam rumah terendam banjir setinggi 30 sampai 40 sentimeter," kata dia kepada sukabumiupdate.com pada Senin (1/1/2024).

Meski tidak ada warga yang mengungsi, namun Rizki menyebut sekitar 10 kepala keluarga dengan 28 jiwa terancam kejadian serupa apabila hujan kembali turun. Rizki dan petugas gabungan termasuk TNI/Polri serta relawan pun sudah melakukan asesmen di lokasi kejadian.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada," ujarnya.

Baca Juga: Hujan Deras Picu Longsor dan Banjir di Parakansalak Sukabumi

Lurah Cicurug Saep Purnama mengaku sudah berdiskusi dengan Camat Cicurug untuk mencari solusi persoalan tersebut. Dalam waktu dekat, perusahaan akan diundang supaya ikut terlibat dalam pencarian jalan keluar. Saat ini, kata Saep, pihaknya menunggu tanggapan perusahaan.

"Kami sedang menunggu tanggapan lebih lanjut dari perusahaan (pemilik gudang) dan perusahaan pemenang tender atau manajemen konstruksi dari pekerjaan pembangunan gudang.
Instruksi dari pimpinan, kami akan memanggil pihak-pihak terkait untuk musyawarah di kelurahan. Secepatnya setelah kegiatan pengamanan tahun baru," katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT