Sukabumi Update

Bendungan Sorgum Jebol, Rendam Rumah dan Tambak Ikan di Simpenan Sukabumi

Bendungan Sorgum jebol, akibatnya aliran air merendam rumah, tambak ikan dan lahan pertanian di Simpenan Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Akibat curah hujan yang tinggi, mengakibatkan banjir dan menjebol bendungan perkebunan Sorgum yang berlokasi di Kampung Cimelati RT.016 /04 Desa Kertajaya Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi, Senin (1/1/2024).

Dengan jebolnya bendungan, tak terhindarkan aliran air membanjiri pemukiman warga Kampung Ciengang RT 010/05 Desa Cihaur Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi.

P2BK Simpenan, Dandi Sulaeman mengatakan data sementara akibat banjir yang terjadi sekitar pukul 15.30 WIB menyebabkan dua unit rumah warga milik Suparmi dan Dedeh terendam dengan ketinggian 30 sentimeter, serta merendam lahan pertanian (sawah) siap panen seluas 1.200 meter milik Iteng Sunarya dan milik Nana.

Baca Juga: Tersebar di 12.948 media online, Inilah 10 Tokoh Paling Banyak Diberitakan di 2023

Selain itu, banjir juga merendam tambak ikan mas milik Asep sodar, milik Jujun, milik Nana, milik Koswara, milik Suparmi, dan milik Dedeh. Juga lahan perkebunan milik Iteng Sunarya seluas 1600 meter, dan milik Rohmat.

"Taksiran kerugian masih dalam kajian. Kami sudah berkoordinasi bersama perangkat desa, unsur kecamatan, Koramil, Polsek, Satpol PP, untuk melakukan pendataan serta memberikan himbauan ke masyarakat untuk tetap waspada akan kondisi saat ini yang mulai memasuki musim penghujan yang berpotensi rawan longsor dan banjir," kata Dandi kepada sukabumiupdate.com.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT