Sukabumi Update

Perayaan Tahun Baru di Kota Sukabumi Berlangsung Kondusif

Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat memantau malam tahun baru. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Suasana Kota Sukabumi selama pergantian tahun berlangsung kondusif. Hal ini dapat ditinjau dari laporan Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi yang memantau beberapa titik keramaian seperti Kawasan Alun-alun dan Lapang Merdeka.

Dalam laporannya dinyatakan selama momen pergantian tahun, situasi keamanan dan ketertiban umum dalam kondisi terkendali. Hal ini diperkuat pula oleh laporan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Sukabumi yang menyatakan selama momen perayaan pergantian tahun, tidak ada satu pun insiden terjadi terkait keamanan dan ketertiban umum.

Bakesbangpol mencatat bahwa khalayak mulai memadati beberapa tempat yang menjadi pusat lokasi perayaan tahun baru sekira pukul 22.00 WIB. Adapun sekira pukul 01.30 WIB, masyarakat secara tertib mulai berangsur-angsur pulang selepas merayakan pergantian tahun.

Situasi yang sama juga terjadi pada arus lalu lintas di wilayah Kota Sukabumi selama momen pergantian tahun.

Hasil pemantauan Dinas Perhubungan di beberapa ruas jalan protokol, tercatat 95.920 unit kendaraan roda dua dan empat memasuki wilayah Kota Sukabumi pada 31 Desember 2023. Sementara kendaraan yang keluar dari wilayah kota pada hari yang sama mencapai 96.969 unit.

Baca Juga: 29 Ucapan Selamat Tahun Baru 2024 untuk Status di Media Sosial

Kendati volume kendaraan cukup tinggi, namun arus lalu lintas bisa dikendalikan, salah satunya melalui rekayasa arus lalu lintas di beberapa ruas jalan pada malam tahun baru.

Menyikapi kondusifnya suasana Kota Sukabumi selama pergantian tahun, Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dalam pernyataannya pada 1 Januari 2024 menerangkan hal ini merupakan buah dari kolaborasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang berkomitmen untuk memastikan perayaan tahun baru dapat berjalan lancar dan damai.

"Kami Forkopimda bersama-sama mengamankan proses perayaan tahun baru di antaranya dengan menyiagakan Satpol PP, Dishub, BPBD dengan tugasnya masing-masing," jelasnya.

Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya seraya mengajak seluruh elemen masyarakat memaknai pergantian tahun ini sebagai momentum untuk mengevaluasi berbagai hal agar pencapaian di tahun 2024 bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Jadikan tahun baru sebagai momentum evaluasi diri atau kelompok untuk lebih meningkatkan rencana ke depannya. Alhamdulillah tahun 2023 berjalan dengan baik dan di
Kota Sukabumi pun suasananya kondusif, semua masalah bisa terselesaikan," ujar dia. (ADV)

Sumber: Siaran Pers

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT