Sukabumi Update

Hujan Angin Picu Bencana Alam di Tiga Lokasi di Cicurug Sukabumi

3 lokasi alami bencan dampak cuaca ekstrim di awal tahun 2024 | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras disertai angin kencang yang berlangsung selama empat jam lebih pada Senin, 1 Januari 2024, menyebabkan terjadinya bencana di beberapa wilayah di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cicurug, M Abdul Rizki, mengungkapkan ada tiga lokasi bencana yang terjadi dampak cuaca ekstrim pada hari pertama tahun 2024 tersebut. yaitu, satu rumah di Kampung Lio RT 03/05, Desa Mekarsari, dindingnya roboh bagian dapur, peristiwa terjadi sekitar pukul 04.30 WIB pagi.

"Satu ruangan dapur yang dihuni oleh satu kepala keluarga dengan 6 jiwa tidak bisa digunakan, namun beruntung tidak ada korban jiwa dan mereka telah mengungsi," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, pada Selasa (02/01/2024).

Baca Juga: Motor Terbakar di Ciracap Sukabumi, Pengendara Lompat Selamatkan Diri

Kedua, bencana longsor terjadi di Kampung Benda RT 04/04, Desa Benda, Kecamatan Cicurug, pada pukul 18.00 WIB. Tebing setinggi 10 meter longsor dengan panjang 5 meter dan lebar 10 meter, memutus akses jalan warga sekitar.

Kebutuhan mendesak saat ini adalah bahan material dan bangunan untuk pembangunan jalan warga.

Selanjutnya, lokasi ketiga di Kampung Ciutara RT 01/01, Desa Mekarsari, bencana longsor terjadi pada pukul 04.30 WIB. "Tanah labil dari TPT jalan longsor dengan panjang 4 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 5 meter. Membutuhkan bronjong sebagai kebutuhan mendesak," jelasnya.

Menurut Rizki, P2BK Cicurug telah berkoordinasi dengan perangkat Desa/Kecamatan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pol PP, Tagana, dan relawan untuk melakukan asessmen ke lokasi kejadian. "Masyarakat diimbau agar tetap waspada," imbuhnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT