Sukabumi Update

Satu Dusun Terisolasi, Dampak Longsor Jalan di Kalibunder Sukabumi

Kondisi jalan longsor di Kampung Neglasari, Desa Kalibunder, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Satu dusun terisolasi akibat longsor di Kampung Neglasari, Desa Kalibunder, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 7 Januari 2024. Longsor yang dipicu hujan deras ini terjadi pada jalan desa sehingga akses untuk kendaraan roda empat menuju dan dari Dusun Buniwangi terputus.

"Jalan desa mengalami longsor sepanjang 30 meter dan tinggi 20 meter," kata Camat Kalibunder Deni Yudono kepada sukabumiupdate.com, Senin (8/1/2024).

Deni menyebut jalan ini merupakan akses menuju tujuh kampung di Dusun Buniwangi sehingga untuk sementara menjadi terisolasi. "Longsor tersebut berdampak pada lalu lintas orang dan barang yang terhambat. Akibatnya kegiatan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan terganggu. Pipa air bersih juga tergerus longsor," ujarnya.

Baca Juga: Hujan Deras Mengakibatkan Longsor di 2 Titik di Kalibunder Sukabumi

Sebagai alternatif, saat ini warga Dusun Buniwangi menggunakan Jalan Tonjong-Citangkil, Desa Balekambang, jika akan menuju perkotaan atau pusat pemerintahan Kalibunder. Meski berdasakan informasi yang dihimpun, kendaraan roda dua atau motor masih bisa melewati jalan yang longsor, namun sangat berbahaya.

"Forkopimcam, Tagana, dan P2BK, sudah mengecek lokasi. Kami pun sedang koordinasi dengan pemdes serta Perum Perhutani untuk penanganan sementara. Jalan itu masuk kawasan Perhutani Hanjuang Selatan Blok Cisujen Kalibunder," ujar Deni.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT