Sukabumi Update

Cegah Banjir, Dinas PU Bersihkan Gorong-gorong di Kalapanunggal Sukabumi

Penanganan gorong-gorong mampet di ruas jalan Pakuwon-Kalapanunggal oleh Dinas PU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi gencar melakukan penanganan gorong-gorong yang tersumbat oleh sampah di ruas jalan Pakuwon-Kalapanunggal, Kecamatan Kalapunggal, pada Senin (8/1/2024). Hal itu sebagai langkah antisipasi banjir akibat dampak musim penghujan yang berkepanjangan.

Kepala Dinas Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PU wilayah III, Uus Iskandar, menjelaskan upaya penanganan gorong-gorong tersebut dengan cara manual.

"Musim penghujan seringkali meningkatkan risiko genangan air akibat gorong-gorong yang mampet oleh sampah. Oleh karena itu, kami intensif melakukan pembersihan agar aliran air tetap lancar," ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Infrastruktur, PU Beton Jalan Kalapanunggal-Pakuwon Sukabumi

Menurut Uus, timnya telah mengevaluasi dan mengidentifikasi titik-titik rawan yang cenderung mengalami penyumbatan akibat sampah. "Langkah proaktif ini diharapkan dapat mengurangi potensi banjir di wilayah tersebut," katanya.

Selain membersihkan gorong-gorong, Uus juga mengimbau masyarakat untuk turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan.

"Peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan sangat penting. Kami mengajak semua pihak untuk tidak membuang sampah sembarangan agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain," pungkasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT