Sukabumi Update

Berpotensi Tumbang, Dinas PU dan Perkim Tebang Pohon Kering di Palabuhanratu

Petugas Dinas PU dan Perkim Kabupaten Sukabumi melakukan penebangan pohon kering di Jalan Raya Sudirman, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu. (Sumber : Dok. PU)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi telah mengambil langkah proaktif dengan melakukan penebangan pohon yang sudah mati dan kering di jalan raya Sudirman, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu.

Tindakan yang berkolaborasi dengan petugas Park Ranger Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi ini diambil, guna mengatasi potensi tumbangnya pohon yang dapat membahayakan pejalan kaki serta kendaraan yang melintas. Penebangan pohon tersebut dilaksanakan pada Jumat 5 Januari 2024.

Kepala UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu, Edi Mulyadi, mengatakan, penebangan ini dilakukan karena terdapat aduan dari masyarakat sekitar, sehingga pihaknya menindaklanjuti terkait aduan tersebut dengan melakukan menebang pohon yang kering itu.

"Kita kemarin melakukan penebangan pohon yang kering itu karena ada aduan dari masyarakat ke pihak kecamatan, dan pihak kecamatan memerintahkan dinas PU untuk menindak lanjuti terkait pohon kering itu," kata Edi pada sukabumiupdate.com Rabu (10/1/2024).

Baca Juga: Cegah Banjir, Dinas PU Bersihkan Gorong-gorong di Kalapanunggal Sukabumi

"Kita langsung turunkan tim untuk eksekusi penebangan pohon itu dari kita Dinas PU ada 10 orang dan dari Perkim ada 5 orang. Pohon yang kita tebang itu ada 2 pohon dan 1 pohon yang sudah tumbang (sendiri)," sambungnya.

Menurut Edi, pohon-pohon yang ditebang tersebut memang diidentifikasi sebagai sangat membahayakan karena kondisinya yang sudah kering.

Edi menjelaskan bahwa dengan memasuki musim hujan dan angin kencang, tindakan penebangan ini diharapkan dapat mencegah potensi bahaya bagi masyarakat yang melintas di sekitar area tersebut.

"Kita tebang karena memang pohon tersebut sangat berbahaya jika tumbang, memang pohon itu sudah kering dan sekarang masuk musim hujan dan angin kencang kalau pohon ini tumbang bahaya bagi masyarakat yang melintas," tandasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT