Sukabumi Update

Cegah Longsor, Pj Wali Kota Tanam Pohon di Bantaran Sungai Cimandiri Sukabumi

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menanam pohon di bantaran Sungai Cimandiri di Cikundul pada Senin (15/1/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Forkopimda Kota Sukabumi melakukan pembersihan dan penanaman pohon di bantaran Sungai Cimandiri, Cikundul, Senin (15/1/2024). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari mitigasi Sungai Cimandiri pada 9 Januari 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji didampingi Dandim 0607 Yudhi Haryanto, Kapolres Sukabumi Kota Ari Setyawan Wibowo, Kepala Kejari Kota Sukabumi Setyowati, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi Dida Sembada, dan sejumlah aparatur Pemerintah Kota Sukabumi, berperan aktif dalam dua kegiatan itu.

“Pembersihan dan penanaman pohon ini merupakan gerak cepat atas hasil mitigasi kita kemarin di Cimandiri. Kita sama-sama dengan unsur Forkopimda, ada Pak Dandim, Pak Kapolres, dan Ibu Kajari, serta teman-teman dari BPBD, melaksanakan penanaman pohon dan pembersihan Sungai Cimandiri,” ujar Penjabat Wali Kota Sukabumi.

Baca Juga: Mitigasi Sungai Cimandiri, Babak Baru Pengembangan Wisata Alam di Kota Sukabumi

Kusmana mengatakan kegiatan ini juga untuk meminimalisasi tempat-tempat yang disinyalir rawan longsor. Ia juga berharap kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. “Saya berharap kegiatan seperti ini harus disosialisasikan agar masyarakat memiliki kesadaran bahwa kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai dapat berakibat fatal terhadap lingkungan,” ujar dia.

Kusmana pun mengungkapkan potensi alam di selatan Kota Sukabumi dapat menjadi destinasi wisata. Ia berharap kegiatan pembersihan dan penanaman pohon dapat menjadi langkah awal untuk mengembangkan potensi wisata di kawasan tersebut. “Luar biasa, kemarin saat melakukan mitigasi, kita bersama-sama dapat menikmati indahnya arung jeram di Sungai Cimandiri,” katanya.

Dandim 0607 Yudhi Haryanto mengatakan pembersihan Sungai Cimandiri sekaligus penanaman hutan di bantarannya merupakan upaya pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai. “Upaya seperti ini harus terus ditingkatkan, ke depan kita juga akan melakukan pembersihan sungai-sungai yang ada di Kota Sukabumi seperti Cipelang dan Cisuda,” kata Yudhi.

Dia melanjutkan, penanaman pohon di bantaran sungai dilakukan oleh Forkopimda sekaligus melibatkan para relawan. Tujuan penting darinya adalah untuk meminimalisasi longsor dan abrasi di beberapa titik yang rawan potensi bencana. “Saya juga berharap, mudah-mudahan potensi alam seperti ini bisa menjadi destinasi wisata bagi Kota Sukabumi,” katanya. (ADV)

Sumber: Website KDP Kota Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT