Sukabumi Update

14 Finalis Bersaing Dalam Babak Final Pemilihan Duta Baca Kota Sukabumi

Pembukaan babak final Duta Baca Kota Sukabumi pada 16 Januari 2024 di kantor TP-PKK. | Foto: Website Pemkot Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kehadiran duta baca diharapkan mampu mempercepat penerapan budaya membaca di masyarakat, terutama kalangan remaja dan anak-anak. Ini disampaikan Bunda Literasi Kota Sukabumi Diana Rahesti saat membuka babak final pemilihan Duta Baca Kota Sukabumi pada 16 Januari 2024 di kantor TP-PKK.

Diana menyampaikan para finalis Duta Baca Kota Sukabumi diharapkan menjadi figur panutan dalam membangkitkan minat membaca di berbagai kalangan, agar cita-cita pemerintah untuk melahirkan generasi literat dan berkarakter yang mampu memajukan daerah dapat terwujud.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Sukabumi Galih Marelia menerangkan pemilihan duta baca yang diselenggarakan oleh pihaknya pada babak final diikuti oleh 14 orang peserta. Dalam babak final, para peserta dinilai dari beberapa segi seperti bagaimana upaya yang mereka miliki untuk meningkatkan budaya membaca.

Baca Juga: Bullying dan Netralitas ASN, Pesan Pj Wali Kota untuk Aparatur Disdikbud Sukabumi

“Penilaian menekankan bagaimana para finalis dapat menjadi brand ambassador kita. Memang semua hal yang terkait dengan image dan terutama mereka mencintai buku dan bagaimana mereka bisa menularkan kecintaan dalam membaca kepada masyarakat luas," kata dia.

Galih menerangkan dari 14 finalis, akan dipilih dua orang duta baca yang akan mengemban beberapa amanat dari Dispusip dalam upaya membangun budaya membaca di masyarakat.

“Pada babak final ini akan kami lakukan penjurian untuk menentukan dua orang duta baca yang akan dikirimkan ke ajang serupa di tingkat provinsi. Mereka akan diberikan beberapa amanah terutama dalam membangun budaya membaca," ujarnya. (ADV)

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT