Sukabumi Update

Selama 2023, Dinkes Kota Sukabumi Layani 20 Ribu Lebih Pasien Lewat PSC 119

Kepala Dinkes Kota Sukabumi Reni Rosyida Muthmainnah. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Selama 2023, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi memberikan pelayanan bagi puluhan ribu orang lewat program Public Safety Center (PSC) 119. Ini disampaikan Kepala Dinkes Reni Rosyida Muthmainnah pada 17 Januari 2024.

Reni menerangkan PSC 119 yang dikelola UPTD Penunjang Kesehatan Dinkes untuk melayani kasus emergency maupun non-emergency, pada 2023 merespons 11.505 panggilan melalui layanan Ambulans SIGAP. Sementara melalui Home Care dilakukan 9.571 kunjungan ke rumah pasien dengan jumlah keluarga binaan sebanyak 408.

“Hampir lebih dari 20 ribu orang dan keluarga yang dilayani PSC 119, SIGAP dan Home Care. Layanan PSC 119 dapat dihubungi melalui nomor 08001000119," kata dia.

Reni berharap pada 2024 jumlah masyarakat yang menderita sakit maupun membutuhkan layanan emergency menurun karena kesadaran dan kemandirian untuk menerapkan pola hidup sehat semakin meningkat. Namun seperti ditegaskannya, Dinkes akan tetap memberikan layanan kesehatan 24 jam.

Baca Juga: Kick Off Pelayanan Publik, Dinkes Kota Sukabumi Raih Penghargaan Ombudsman

“Kami berharap angka kesakitan dan keluhan masyarakat terhadap layanan emergency dan non-emergency menurun. Bukan karena kami tidak melayani, tetapi kemandirian masyarakat menjalani hidup sehat menjadi lebih baik. Kami tetap 24 jam melayani masyarakat untuk memberikan bantuan layanan kesehatan," ujarnya.

Sejalan dengan harapan itu, Dinkes saat ini tengah menggencarkan sosialisasi dan pelatihan mengenai bantuan pertolongan hidup dasar dengan sasaran utamanya adalah kalangan pelajar. “Begitu banyaknya kemampuan hidup dasar yang harus dimiliki pelajar dan masyarakat, maka kami memberikan sosialisasi dan pelatihan mengenai bantuan pertolongan hidup dasar bagi pelajar," kata Reni. (ADV)

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT