Sukabumi Update

Hujan Semalaman hingga Pagi, BPBD Tangani Banjir di Beberapa Titik Kota Sukabumi

Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani banjir pada Jumat (19/1/2024). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mencatat beberapa titik lokasi di wilayah Kota Sukabumi terendam banjir limpasan setelah guyuran hujan yang tak kunjung reda sejak Kamis malam, 18 Januari 2024.

Berdasarkan catatan yang diterima BPBD hingga Jumat (19/1/2024) pukul 09.40 WIB, terdapat sejumlah titik banjir limpasan di Kota Sukabumi di antaranya di Jalan Jalur Lingkar Selatan RT 02/03 Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros, tepatnya di depan terminal.

Kemudian di Jalan Ciaul Baru RT 01/07 Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole (talang SMAN 3). Lalu rumah amblas di RT 03/12 Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, dan banjir limpasan di dekat kantor BAPPEDA, Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum.

Baca Juga: Ancam Rumah Warga, Longsor Gerus Sawah di Cimanggu Sukabumi

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat Taufik mengatakan dari beberapa laporan bencana yang diterimanya, saat ini sudah dapat tertangani. “Alhamdulillah sudah clear dievakuasi oleh petugas BPBD,” ujar Novian kepada sukabumiupdate.com.

Novian mengatakan rata-rata penyebab bencana itu adalah saluran air yang tersumbat oleh sampah. “Semua rata-rata diakibatkan saluran air tidak normal karena sampah maupun volume saluran yang tidak mampu menampung debit air,” kata dia.

Atas kejadian itu dan musim hujan seperti sekarang, BPBD mengimbau masyarakat tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menyebabkan banjir. “Jaga lingkungan sekitar terutama membuang sampah jangan sembarangan sehingga menimbulkan banjir," ujarnya. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT