Sukabumi Update

Ternyata Pekerja di Kota Sukabumi Mayoritas Lulusan SD, Ini Penyebabnya

Ilustrasi. Data BPS sebut jumlah pekerja di Kota Sukabumi didominasi lulusan SD. (Sumber : Pixabay)

SUKABUMIUPDATE.com - Jumlah pekerja di Kota Sukabumi berdasarkan pendidikan terakhirnya tercatat lebih banyak tamatan Sekolah Dasar (SD). Dinas Tenaga Kerja Kota Sukabumi menyebut, kondisi itu disebabkan adanya ketidakseimbangan antara lapangan kerja dengan skill pekerja.  

Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi pada Desember 2023 lalu. Pekerja yang berpendidikan SD ke bawah pada Agustus 2022 tercatat ada 24,63 persen, SMP 16,77 persen, SMA 23,08 persen, SMK 17,18 persen dan Diploma/I/II/III/Universitas mencapai 18,33 dari jumlah penduduk bekerja sebanyak 145 ribu.

Kepala Disnaker Kota Sukabumi Abdul Rachman mengatakan, pihaknya akan mengkaji dan mengevaluasi hasil survei BPS tersebut. Dia juga mengatakan formasi kerja di Kota Sukabumi memang masih didominasi oleh tenaga kerja non skill atau tidak membutuhkan keahlian.

“Terkait jumlah pekerja yang masih didominasi lulusan SD karena memang formasi yang masih banyak saat ini adalah formasi untuk tenaga kerja non skill yang tidak membutuhkan keahlian dan persyaratan akademik, misal pekerja pabrik, penjaga toko dan lain-lain,” ujar Abdul kepada sukabumiupdate.com pada Jumat (19/1/2024).

Baca Juga: Tanggapan Disdikbud Soal Jumlah Pekerja di Kota Sukabumi Mayoritas Lulusan SD

Menyikapi hal itu, kedepan pihaknya berencana untuk fokus dalam memperbanyak pelatihan-pelatihan demi menopang keahlian masyarakat dalam mempersiapkan tenaga kerja sesuai bidangnya.

“Kedepan kita akan fokus untuk memperbanyak keahlian melalui kegiatan-kegiatan pelatihan agar lebih banyak mempersiapkan tenaga kerja sesuai dengan sertifikasi keahlian yang dibutuhkan,” pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT