Sukabumi Update

Tanggapan Disdikbud Soal Jumlah Pekerja di Kota Sukabumi Mayoritas Lulusan SD

Kepala Disdikbud Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat. | Foto: Website Pemkot Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sukabumi merilis jumlah pekerja yang menjadi penopang ekonomi rumah tangga di Kota Sukabumi masih didominasi lulusan Sekolah Dasar (SD).

Berdasarkan data yang dirilis BPS pada Desember 2023, mencatat pada periode 2022 setidaknya ada 35,84 ribu lulusan SD atau 24,63 persen dari jumlah 145 ribu penduduk yang bekerja di Kota Sukabumi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat turut mengomentari data tersebut. Menurutnya, data yang dirilis oleh BPS itu akan dijadikan bahan penelusurannya terkait masyarakat yang putus sekolah.

“Beberapa waktu lalu kami melakukan rakor penelusuran untuk data masyarakat putus sekolah dengan unsur kewilayahan camat dan lurah,” ujar Punjul kepada sukabumiupdate.com pada Jumat (19/1/2024).

Baca Juga: Ternyata Pekerja di Kota Sukabumi Mayoritas Lulusan SD, Ini Penyebabnya

Pasalnya, Punjul mengaku di lingkungan Disdikbud Kota Sukabumi telah memiliki Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Selanjutnya di dinas pendidikan dan kebudayaan pun terdapat PKBM yang menyediakan program pendidikan paket A, B dan C yang dapat diakses oleh masyarakat umum untuk penyetaraan pendidikannya,” ungkap dia.

Dengan seperti itu Punjul berharap agar dengan adanya program penyetaraan pendidikan itu dapat meningkatkan aksebilitas lapangan kerja bagi masyarakat.

“Sehingga nantinya kami harapkan dengan pendidikan kesetaraan ini, masyarakat dapat meningkatkan aksesibilitas lapangan kerja yang lebih baik dan akhirnya bisa lebih sejahtera,” pungkasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT