Sukabumi Update

Sungai Meluap Akibat Hujan, 14 Rumah di Gunungguruh Sukabumi Terendam Banjir

Kondisi rumah di Gunungguruh Sukabumi yang terendam banjir. (Sumber : P2BK Gunungguruh)

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras dengan intensitas lama yang mengguyur wilayah Sukabumi mengakibatkan Sungai Cibodas meluap hingga membanjiri pemukiman warga di tiga ke-RT-an di RW 3 Kampung Jatimekar, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi 

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Gunungguruh, Ade Suparman mengatakan, banjir tersebut mulai merendam permukiman hingga sawah ini terjadi pada pukul 06.00 WIB, Jumat (19/1/2024).

"Banjir disebabkan saluran air kali Cibodas yang tidak bisa menampung debit air karena curah hujan tinggi ditambah penyempitan dan pendangkalan, sehingga air meluap merendam rumah, sawah dan kolam ikan milik warga," ujar Ade dalam laporannya yang diterima sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Termasuk Jabar, BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Hingga 26 Januari 2024

Ade mengatakan, tercatat ada 14 rumah yang terendam banjir dengan rincian di RT 03 terdapat 2 kepala keluarga dengan jumlah 10 jiwa, di RT 04 ada 7 kepala keluarga dengan jumlah 22 jiwa. Kemudian di RT 05 terdapat 5 kepala keluarga dengan 4 jiwa, sehingga total warga yang terdampak banjir sebanyak 36 jiwa.

Ia memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka akibat bencana ini. Adapun kondisi terkini di lokasi, sebagian rumah warga masih terendam banjir.

"Hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi. Cuaca masih gerimis sebagian rumah masih terendam dan sebagian sudah mulai surut, sementara kebutuhan mendesak sandang pangan dan normalisasi saluran kali Cibodas," pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT