Sukabumi Update

Tapping Point, Perumdam TJM Sukabumi Optimalisasi Distribusi Air di Cicurug

Kantor Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cicurug. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cicurug melakukan perbaikan tapping point (sambung pipa) untuk distribusi air di Kampung Purwasari, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, akhir Desember 2023.

Kepala Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cicurug Tatang Somantri menjelaskan bahwa tapping point yang awalnya berasal dari zona C Kecamatan Cidahu, kini dipindahkan pompaannya ke wilayah Kecamatan Parungkuda karena debit airnya yang berlebih.

"Sambung-sambung pipa. Masih ada jalur pipa yang belum optimal, sehingga dengan tapping point, berharap lebih optimal," ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (22/1/2024).

Tatang menyebut sebelumnya telah dilakukan tapping point, namun terus dievaluasi dengan penggantian pipa berukuran lebih besar yaitu 4 inci. "Tapping point awal belum optimal, kami langsung mengganti dengan pipa 4 inci karena lokasi tersebut dataran tinggi," tuturnya.

Baca Juga: 2024, Perumdam TJM Sukabumi Alokasikan 5.000 Sambungan Air Bersih Gratis

Meski berimplikasi pada pemindahan tapping point, namun tujuan utamanya adalah normalisasi pelayanan agar distribusi air menjadi lebih lancar. "Debit air di Parungkuda masih berlebih, sehingga bisa digunakan untuk distribusi air di daerah Purwasari. Sebelumnya, distribusi air di Purwasari tidak 24 jam, sekarang sudah berjalan setiap saat," katanya.

Tatang menuturkan, perbaikan tapping point juga memberikan dampak positif pada wilayah sekitar seperti Koramil dan Kampung Babakan Kembang yang kini mengalami peningkatan kelancaran distribusi air. Menurutnya, untuk pengembangan ke depan, Cabang Cicurug masih memerlukan sumber air yang lebih lantaran potensi pada pengembangan lebih banyak.

"Di samping pengembangan, bisa juga mengoptimalkan pelayanan yang ada, walaupun untuk sementara ini terbilang cukup," katanya. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT