Sukabumi Update

Cuaca Ekstrim Picu Longsor di Cibadak dan Cikidang Sukabumi, 2 Keluarga Mengungsi

Retakan dan tanah dan longsor akibat hujan deras melanda wilayah Cibdak dan Cikidang Kabupaten Sukabumi, Selasa (23/1/2024) | Foto : Dok P2BK

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras disertai angin kencang melanda dua wilayah di Kecamatan Cikidang dan Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, pada Selasa (23/01/2024). Kejadian ini mengakibatkan sejumlah rumah terancam akibat retakan tanah hingga longsor.

Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Sandra Fitria, menyampaikan bahwa salah satu titik longsor terjadi di Kampung Cicareuh RT 05/02, Desa Tamansari, Kecamatan Cikidang, sekitar pukul 06.00 WIB.

"Hujan deras dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada dini hari hingga pagi menyebabkan longsor, mengenai rumah-rumah, seperti milik Idi, Wawan Hermawan, Enang, dan Dadi Darmawan," ujarnya.

Dilaporkan bahwa longsoran memiliki lebar 10 meter dan tinggi 5 meter, menyebabkan Idi dan Wawan Hermawan harus mengungsi. Sandra menyebut, kebutuhan mendesak saat ini adalah sandang, pangan, bronjong, karung, dan terpal.

Baca Juga: Dilanda Hujan Angin, Rumah Ambruk dan Jalan Desa Longsor di Nagrak Sukabumi

Selanjutnya, tanah longsor juga tercatat di Kampung Pancalikan RT 03/15, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, sekitar pukul 05.00 WIB. Tembok penahan tanah setinggi 4 meter dan panjang 6 meter longsor, mengancam tiga unit rumah warga atau 5 kepala keluarga dengan 20 jiwa.

Meskipun tidak ada warga yang mengungsi, kebutuhan mendesak saat ini adalah kawat bronjong.

"Pihak berwenang, termasuk P2BK di wilayah masing-masing, bersama pemerintah Desa, Kecamatan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Pol PP, telah berkoordinasi untuk melakukan asesmen di lokasi kejadian. Warga diminta tetap waspada," pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT