Sukabumi Update

PU Sagaranten dan Mitra Cai Tangani Sementara Longsor Irigasi Cibeber Sukabumi

UPTD PU Sagaranten tangani sementara longsor pada bahu Irigasi Cibeber Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - UPTD PU Wilayah Sagaranten Kabupaten Sukabumi melakukan penanganan sementara longsor pada bahu saluran induk daerah irigasi Cibeber yang berada di Kampung Kelastilu RT 05/04 Desa Tanjungsari, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi, Senin (29/1/2024).

Sebelumnya, hujan deras mengakibatkan saluran sekunder daerah irigasi Cibeber longsor pada Minggu, 21 Januari 2024 sekira pukul 22.15 WIB. Irigasi ini berada di Kampung Kelastilu RT 05/04 Desa Tanjungsari, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi.

"Longsor pada pinggir saluran memunculkan retakan tanah cukup besar. Saluran irigasi tidak bisa dipakai, sedangkan irigasi ini digunakan mengairi persawahan dan saluran air ke permukiman," kata P2BK Curugkembar Suryana kepada sukabumiupdate.com, Senin, 22 Januari 2024.

Baca Juga: Panwaslu Kalibunder Sukabumi Pastikan Logistik Sampai Kesasaran

Kepala UPTD PU Wilayah Sagaranten Dedi Junaedi melalui Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia mengatakan hari ini sudah dilakukan penanganan dari UPTD bersama Mitra Cai.

"Dilakukan penanganan sementara dengan menggunakan karung berisi tanah," ucap Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia kepada sukabumiupdate.com, Senin (29/1/2024).

Longsor terjadi pada bahu dekat tembok saluran, lanjut Ami, akibat hujan deras, dan kondisi lahan di wilayah tersebut labil, dan sering terjadi longsor. "Kalau saluran temboknya tidak putus. Hanya ada retakan sehingga untuk sementara air tidak bisa mengalir.

“Semoga sudah ditangani bisa secepatnya berfungsi kembali. Untuk penanganan dengan bronjong sudah diusulkan," imbuhnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT