Sukabumi Update

Kota Sukabumi Kembali Raih Penghargaan Indeks Kota Toleran

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan Indeks Kota Toleran pada Selasa, 30 Januari 2024 di Hotel Sahid, Jakarta. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan Indeks Kota Toleran pada Selasa, 30 Januari 2024 di Hotel Sahid, Jakarta.

"Alhamdulillah nilai Kota Sukabumi dalam Indeks Kota Toleran mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Ini menunjukkan kita telah berhasil menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kota Sukabumi. Penghargaan ini juga merupakan hasil ikhtiar bersama, termasuk FKUB yang hadir juga di sini," kata Kusmana.

Kusmana menegaskan Pemerintah Kota Sukabumi akan terus berupaya meningkatkan nilai toleransi di kota ini. Dia berharap Kota Sukabumi dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia dalam mewujudkan kota toleransi.

"Terima kasih atas penghargaan ini, kita akan terus meningkatkan dan mewujudkan kota toleransi untuk Kota Sukabumi dan dapat menjadi barometer dalam pengimplementasian toleransi di Indonesia," kata dia.

Baca Juga: Harmoni Gereja Sidang Kristus dan Masjid Agung di Kota Sukabumi

Penghargaan Indeks Kota Toleran ini bertujuan untuk mengapresiasi kota-kota yang telah menunjukkan komitmen dan kinerja yang baik dalam menjaga toleransi antar umat beragama.

Kota Sukabumi diberi penghargaan sebagai kota toleran dan mengalami peningkatan nilai. Hal ini didorong oleh berbagai faktor, antara lain: Komitmen pemerintah Kota Sukabumi untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

Adanya berbagai program dan kegiatan yang mendukung toleransi antar umat beragama juga menjadi salah satu indikator kota toleran. Salah satunya adanya keterlibatan Forum Kerukunan Umat Beragama. FKUB merupakan lembaga yang beranggotakan tokoh-tokoh agama dari berbagai agama dan keyakinan.

Peran aktif masyarakat bersama unsur lainnya dalam menjaga kerukunan dan toleransi antar umat beragama menjadi hal penting dalam penerimaan pengharagaan sebagai kota Toleran.

Dapat disimpulkan, penghargaan Indeks Kota Toleran ini menjadi bukti bahwa Kota Sukabumi telah berhasil menjalankan visi dan misinya sebagai kota yang inklusif. (ADV)

Sumber: Website KDP Kota Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT