Sukabumi Update

FKP Ranwal RKPD 2025, Bappelitbangda Sukabumi Ungkap 6 Prioritas Pembangunan

Kepala Bidang PPEPD Bapelitbangda Kabupaten Sukabumi, Tatang Kurniawan saat menyampaikan laporan dalam FKP Ranwal RKPD tahun 2025. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah atau Bappelitbangda Kabupaten Sukabumi menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 di Bale Pangripta Bappelitbangda, Palabuhanratu, Rabu (31/1/2024).

Forum diskusi tersebut digelar guna bertujuan untuk menjaring aspirasi, masukan serta saran dari stakeholder terkait dan masing-masing perangkat daerah terhadap prioritas pembangunan. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman saat membuka kegiatan Ranwal RKPD tahun 2025.

"Saya minta kepada seluruh perangkat daerah untuk berpikiran terbuka, saling berkolaborasi dan inovatif dalam mengisi pembangunan ke depan. RKPD sebagai dokumen pembangunan tahunan daerah harus mampu menggambarkan adanya integrasi pembangunan lintas sektor," kata Ade.

Ade menyampaikan, dengan adanya pilkada serentak tahun 2024, maka RPJMD kabupaten sukabumi tahun 2021-2026 menjadi pedoman tahun terakhir dalam penyusunan RKPD, yang nantinya dituangkan dalam RKPD 2025.

"Dalam penyusunan RKPD tahun 2025, tentunya harus memperhatikan hasil evaluasi pembangunan tahun sebelumnya dan memaksimalkan pencapaian target kinerja pada tahun 2025. baik pencapaian terhadap target pemenuhan standar pelayanan dasar (SPM), indikator kinerja utama (IKU) daerah maupun pencapaian IKPD perangkat daerah,"tuturnya.

Baca Juga: Kick Off Penyusunan RKPD 2024, Bappelitbangda: Dongkrak Kualitas Pembangunan Sukabumi

Terpisah, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (PPEPD) Bapelitbangda Kabupaten Sukabumi, Tatang Kurniawan menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan tahapan kedua dari 6 tahapan yang perlu dilakukan, dimana target penetapan RKPD tahun 2025 adalah minggu ke-4 juni 2025.

Menurut Tatang, dokumen Rancangan Awal RKPD 2025 tersebut merupakan penjabaran dari RPJMD 2021-2026 untuk memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, serta rencana kerja pendanaan dengan jangka waktu selama satu tahun.

"Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD ini untuk memperoleh masukan dari pemangku kepentingan dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD," ujarnya.

Tatang mengungkapkan, tema RKPD Kabupaten Sukabumi tahun 2025 adalah pemantapan infrastruktur daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ia lalu menyampaikan enam prioritas pembangunan di tahun 2025 yang mengacu dari dari RPJMD 2021-2026, yaitu:

1.Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui penguatan sistem kesehatan dan pendidikan daerah serta pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kebudayaan

2.Penguatan pengentasan kemiskinan melalui reformasi sistem perlindungan sosial

3.Pengembangan komoditas unggulan melalui hilirisasi dan perluasan akses pasar dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi daerah

4.Pengembangan industri pariwisata bertaraf internasional berbasis pertanian dan lingkungan

5.Peningkatan kualitas insfrastruktur dan konektivitas wilayah

6.Peningkatan reformasi birokrasi melalui penguatan e-government dan kualitas pelayanan publik.

Disela-sela kesempatan dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama penyusunan dokumen RKPD 2025 oleh Sekda serta perwakilan peserta forum konsultasi publik. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT