Sukabumi Update

Sempat Hits, Niagara Mini di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Terbengkalai

Kondisi Curug Awang Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi yang kini terbengkalai. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Curug Awang di kawasan Geopark Ciletuh, tepatnya di Kampung Cigaok RT 04/01 Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi memiliki panorama pemandangan eksotis yang dipadukan dengan hijaunya hamparan sawah.

Air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter dan airnya dari aliran Sungai Ciletuh itu bahkan sering dibandingkan dengan Air Terjun Niagara di Amerika Serikat karena memiliki kelebaran aliran airnya yang mengagumkan hingga mendapat julukan niagara mini.

Sayangnya, objek wisata tirta yang sempat hits tersebut kini kondisinya terbengkalai dan memprihatinkan akibat tak ada yang mengelola.

Baca Juga: Pesona Hamparan Hijaunya Sawah dan Curug Awang di Geopark Ciletuh Sukabumi

"Di tempat ini terdapat area jogging track terbuat dari papan kayu panjang sekitar 100 meter, lebar 2 meter, namun sudah nampak rusak," kata Igoy pegiat wisata kepada sukabumiupdate.com, Selasa (6/2/2024).

"Kalau tidak ada pengelola, dipastikan tidak ada yang mengurusnya, sayang sekali kalau dibiarkan. Padahal curug itu sudah ada penataan," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dusun Tamanjaya Ujang Supayani membenarkan bahwa saat ini Curug Awang tidak ada pengelolanya. Menurutnya, potensi wisata tersebut sempat ditata oleh karang taruna setempat, namun kini tak terurus diduga karena kunjungan wisatawan yang sepi.

"Dulu pernah (ditata) sama Karang Taruna Desa Tamanjaya dan pemilik lahan parkiran. Mungkin pengunjung sepi, karena faktor jalan yang memang belum memadai, dari jalan provinsi, menuju lokasi," ujarnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT