Sukabumi Update

Warga Pesisir Sukabumi Rasakan Guncangan, Dampak Gempa M4.5 Dipantau

(Foto Ilustrasi) Pusat gempa berada di laut pada jarak 80 kilometer barat daya Kota Sukabumi. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Warga di pesisir selatan Sukabumi dikagetkan dengan guncangan gempa tektonik berkekuatan 4.5 magnitudo pada Kamis (8/2/2024) pukul 01.31 WIB. BMKG menyatakan pusat gempa berada di laut pada jarak 80 kilometer barat daya Kota Sukabumi dengan kedalaman 29 kilometer.

"Di wilayah pesisir Tegalbuleud (Kabupaten Sukabumi) cukup terasa guncangannya. Hingga saat ini belum menerima laporan adanya dampak, namun kami tetap memantaunya," kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Tegalbuleud, Noris, dalam laporan sementara kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Gempa Bumi Tektonik M4,5 Guncang Kabupaten Sukabumi

Hal yang sama diungkapkan Ketua Rukun Nelayan Ujunggenteng Asep Jeka. Dia terbangun dan mendengar suara kaca jendela yang bergetar. Kemudian beberapa barang seperti lemari turut bergerak. "Tidak tahu pasti berapa lamanya, mungkin empat atau lima detik. Tapi lumayan getarannya," ujar Asep Jeka.

"Kondisi perairan Ujunggenteng normal dan tidak ada dampak. Berdasarkan informasi, di Kecamatan Surade juga terasa," tambah dia.

BMKG menyebut, memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, ini adalah jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut. Guncangan dirasakan di Sukabumi dan Cianjur dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT