Sukabumi Update

Sumber Makanan dan Air, Hutan Mangrove Cikadal Sukabumi Jadi Habitat Monyet

Monyet di hutan mangrove Cikadal di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hutan mangrove Cikadal di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, menjadi habitat sekawanan monyet. Primata ini diduga dari Gunung Badak wilayah Cagar Alam Cibanteng yang jaraknya 2 sampai 3 kilometer dari hutan mangrove tersebut.

"Hewan berkoloni itu awalnya hanya transit, terutama saat musim kemarau, di mana mereka mencari makanan dan air," ucap penggiat wisata Pantai Cikadal Jujun Junardi kepada sukabumiupdate.com pada Kamis (8/2/2024).

Baca Juga: Dengar Curhat Warga, Drh Slamet Bicara Pengembalian Hutan Mangrove Ciletuh Sukabumi

Ketika musim kemarau, Jujun menyebut monyet-monyet liar berjumlah kurang lebih 100 ekor itu menyerbu hutan mangrove. Setelah mendapatkan makanan dan air, mereka pergi. Menurut Jujun, sejak empat tahun terakhir, ada sekitar 20 monyet tinggal menetap di hutan mangrove Cikadal.

"Saat ini diperkirakan ada 20 ekor karena hutan mangrove ada yang menjaga yakni Pokmasi sehingga hewan itu merasa aman. Ini menjadi daya tarik bagi pengunjung sebab monyet-monyet tersebut bisa dikasih makanan oleh pengunjung dan tidak akan menyerang," ujar Jujun Junardi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT