Sukabumi Update

Rel Terendam Banjir, Perjalanan KA Siliwangi Tertahan 1 Jam di Gandasoli Sukabumi

Kondisi KA Siliwangi relasi Ciranjang-Sukabumi yang sempat tertahan di Stasiun Gandasoli akibat adanya banjir di lintasan rel. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Banjir merendam lintasan kereta di petak jalan Gandasoli-Sukabumi KM 59+9/0, Jumat (16/2/2024). Hal itu mengakibatkan Kereta Api (KA) Siliwangi rute Cianjur-Sukabumi sempat tertahan 1 jam di Stasiun Gandasoli, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi.

Banjir disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi sejak pukul 14.00 WIB. Kepala Stasiun Sukabumi Handoko mengatakan, pihaknya menerima laporan lintasan KA tergenang air sekitar pukul 16.11 WIB. Menurutnya, air menggenangi jalan petak kereta karena saluran air yang tersumbat sampah.

“Genangan airnya pendek, ini cuman karena banyak sampah daerah situ sehingga saluran air yang dari kali situ (tersumbat) kayanya di situ banyak sampah sehingga air itu seharusnya lancar jadi tertahan,” kata Handoko kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Penumpang KA Siliwangi Cipatat-Sukabumi Berjubel di Libur Nataru, Ini Kata KAI

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan perjalanan kereta api tersebut. Menurut Ayep, akibat banjir limpasan itu KA 333 Siliwangi relasi Ciranjang-Sukabumi sempat ditahan di Stasiun Gandasoli hingga jalan petak aman untuk dilalui.

"Kami atas nama Daop 2 Bandung mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat genangan air yang terjadi di petak jalan tersebut," ujar Ayep.

Terkini, Ayep memastikan KA 333 Siliwangi itu sudah melakukan pemberangkatan kembali. “KA 333 Siliwangi berangkat pukul 17.07 petak jalan sudah aman,” pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT