Sukabumi Update

Lewat SYPC, 30 Anak Muda Bahas 5 Isu Strategis di Kota Sukabumi

Kegiatan SYPC tahun 2024 yang digelar di kantor BAPPEDA Kota Sukabumi pada Sabtu (17/2/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Proses perencanaan pembangunan di Kota Sukabumi konsisten melibatkan generasi muda. Ini ditandai dengan Sukabumi Youth Planner Conference (SYPC) tahun 2024 yang digelar di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Sukabumi pada Sabtu (17/2/2024).

Kegiatan sejak 2019 ini dibuka Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan dihadiri 30 delegasi. ''Perencanaan pembangunan kota sangat penting karena memainkan peran kunci dalam membentuk kualitas hidup penduduk, memastikan keberlanjutan lingkungan, dan meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya,'' ujar dia.

Kusmana mengatakan perencanaan pembangunan kota yang baik yakni pembangunan berkelanjutan melalui perencanaan kota yang ramah terhadap hak-hak penyandang disabilitas, kelompok remaja atau pemuda, maupun masyarakat pada umumnya.

Baca Juga: Mengawal Transformasi Sistem Pelayanan Kesehatan, Musda VI PPNI Kota Sukabumi

Adapun penyelenggaraan SYPC, lanjut dia, merupakan salah satu pengejawantahan amanat Peraturan Wali Kota Sukabumi Nomor 53 Tahun 2023 tentang Perencanaan Pembangunan Inklusif. SYPC merupakan kegiatan anak muda Kota Sukabumi untuk berkumpul, berdiskusi, dan menyimulasikan isu-isu publik.

''SYPC sudah berlangsung sejak 2019 dan tahun ini penyelenggaraan kelima,'' ungkap dia.

Tahun ini 30 anak muda terpilih setelah melewati serangkaian tahapan seleksi seperti berkas dan pembekalan. Pada 2024, lima isu strategis menjadi pembahasan bagi para delegasi SYPC yakni pendidikan, ekonomi, tata ruang, digital, dan lingkungan hidup. Melalui SYPC, diharapkan lahir gagasan dan usulan kegiatan bagi kebutuhan generasi muda. (ADV)

Sumber: Website KDP Kota Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT